Pendidikan Akhlak Bagi Anak dan Pendekatannya
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8958Keywords:
Moral EducationAbstract
Manusia dibekali oleh dua potensi, yaitu potensi untuk menjadi orang yang baik dan potensi untuk menjadi orang yang jahat. Kecenderungan manusia dalam melakukan akhlak baik atau buruk, merupakan bentuk dari proses, dari baik ke buruk dan kembali lagi ke baik, atau tetap dalam keburukan dan dari baik tetap kepada yang baik. Proses inilah yang sebenarnya sangat berperan dalam membentuk terminal akhir dari kecenderungan manusia. Proses ini harus dimulai sejak kecil. Untuk mencapai maksud tersebut, diperlukan sebuah usaha agar mereka tetap bertahan dalam kebaikan. Cara yang paling efektif adalah dengan pendidikan akhlak. Akan tetapi, usaha tersebut sulit akan tercapai dengan optimal jika tidak diimbangi dengan pemahaman yang memadai dalam penyampaiannya. Pendekatan yang mungkin dapat dipergunakan adalah (1) pendidikan secara langsung, (2) pendidikan secara tidak langsung, dan (3) mengambil manfaat dari kecenderungan dan pembawaan anak.
Downloads
References
Al Ghoyani, Musthofa, Bimbingan Menuju ke Akhlak yang Luhur, Semarang: Thaha Putra, 1976.
Al-Abrasyi, M Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
Burhanudin, Tamyiz, Akhlak Pesantren: Solusi bagi Kerusakan Akhlak, Yogyakarta: ITTAQA Press, 2001.
Chamamah, Siti, Problematika Penelitian Sastra dalam "Metodologi Penelitian Sastra", Jabrohim (Penyunting). Cetakan Kedua. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya, 2002.
Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahamrya (Revisi Terbaru Departemen Agama RI), Semarang: C.V. Asy-Syifa', Tanpa Tahun.
Irmim, Soejitno dan Rochim, Abdul, Menjadi Guru yang Bisa Digugu dan Ditiru, Cetakan Kedua. Penerbit Seyma Media, 2006.
Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Terjemahan Dahlan & Sulaiman, Bandung: CV Diponegoro, 1992.
Papalia, Diane, A, Psychology, New York: Me Graw-Hill Book Company, 1985.
Ridla, Rasyid, Tt. Tafsir al-.Manar. II. Maktabah al-Qahirah.
Sears, William, Anak Cerdas: Peran Orang Tua dalam Mewujudkannya, Terjemahan Tim Emerald. Jakarta: Emerald Publishing, 2004.
Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) tahun 2003 (UU RI NO. 20. TH. 2003, Jakarta: Sinar Graflka, 2003.
Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.