Mempertimbangkan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Ichsan ichsan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8965

Keywords:

Kata kunci, Asimilasi, akomodasi, perkembangan, keaktifan, fasilitator.

Abstract

Piaget telah terkenal dengan teori mengenai tahapan dalam perkembangan kognisi. Implikasi teori perkembangan kognitif Piaget dalam pembelajaran PAI antara lain; tekanan pada keaktifan peserta didik, melibatkan partisipasi peserta didik, belajar aktif, dan guru berperan sebagai fasilitator pengetahuan, mampu memberikan semangat belajar, membina dan mengarahkan peserta didik. Guru harus mampu menghadirkan materi pelajaran PAI yang membawa peserta didik kepada suatu kesadaran untuk mencari pengetahuan baru.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

C.George Boeree, Sejarah Psikologi, Penterjemah, Abdul Qodir Shaleh, Yogyakata: prismasophi, 2007.

Ichsan, Prinsip Pembelajaran Tuntas mata pelajaran PAl", Jurnal Pendidikan Agama Islam, V ol. IV, N o. 1, 2007, Y ogyakarta: Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Santrock, John W., life-Span devepoment, Jilid 1, Penterjemah Ahmad Chusairi, dkk, Jakarta: Erlangga, 2002.

Nasar, 2006. Merancang pembelajaran aktif dan kontekstual berdasarkan "SISKO" 2006, Jakarta: Grasindo.

Suparno, Paul, Teori perkembangan kognitif Jean Paget, Yogyakarta:

Kanisius, 2002.

Craim, William , Teori Perkembangan, edisi ketiga, perterjemah Yudi Santosa, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2007.

Vww.scribd com/doc/9581505/kontribusi Piaget dalam pendidikan.pdf, download, 12 Mei 2009.

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

ichsan, I. (2018). Mempertimbangkan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran PAI. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i1.8965