Multikulturalisme dalam Praksis Pendidikan Islam

Authors

  • Ichsan Ichsan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.8974

Keywords:

multiculturalism, Islamic education, transformation, social capital

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan pentingnya transformasi pembelajaran agama. Agama dapat sebagai sumber transformasi sosial bila dikelola dengan baik, sebaliknya agama juga dapat sehagai sumber konflik bahkan menjadi sumber kekerasan bila tidak dikelola dengan baik oleh karena itu multikulturalisme dalam praksis pendidikan Islam adalah upaya penyelenggaraan pendidikan yang memungkinkan peserta didik berkembang secara wajar sesuai dengan kondisi masing-masing peserta didik. Di sinilah penyelenggaraan pendidikan yang menghargai perbedaan, toleransi dan kesetaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Mahromi (ed), Islam dan Multikulturalisme, Jakarta: ICIP, 2008.

Alim, Sahirul, Menguak Keterpaduan sains, Teknologi dan Islam, Yogyakarta: Titian Illahi, 1999.

Fadjar, Malik "Pengembangan Pendidikan Islam" dalam Kontektualisasi Ajaran Islam, Jakarta: IPHI dan Paramadina, 1995.

Hidayat, Komarudin, "Memtakan Kembali Struktur Keilmuan Islam (Kata Pengantar), dalam Fuaddudin dan Cik Hasan Basri, Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi: Wacana tentang Pendidikan Agama Islam Jakarta: Logos, 1999.

Ichsan, "Pembelajaran Berbasis Perbedaan Individual" dalam Jurnal Pendidikan Islam Ta'limuna, Vol. 2 No 1 April 2009.

Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Najib, Agus Moh. dkk, Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam (Studi terhadap UIN Yogyakarta, IAIN Banjarmasin, dan STAIN Surakarta) dalam http:llern.Pendis.ckpag.g.o.id/DokPdflern-II-06.pdf.

Nuryatno, M. Agus, Rekonstruksi Pendidikan Agama dalam Masyarakat Pluralistik, Pidato Ilmiah dalam Rangka Mensyukuri Kelahiran UIN Sunan Kalijaga Ke-58.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dilengkapi: Permendiknas No. 11105, PP RI No. 28 TH. 2003, PP RI No. 19 TH. 2005, beserta penjelasanya, Bandung: Citra Umbara, 2006.

Sidded, Khairul Anam, dkk, Multikulturalisme dalam Islam, Yogyakarta: Idea Press, 2009.

Sindhunata (ed), Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Ismail SM, dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Suparno, Paul, Teori Perkembangan Kognitifjean Piaget, Yogyakata: Kanisius, 2001.

Th. Sumartana, dkk, Pluralisme, konflik dan Pendidikan agama di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Tilaar, H.A.R., Kekuasaan dan Pendidikan, Magelang: Indonesiatera, 2003.

Zakiuddi, Pendidikan Agama Berwawasan Multikulturalisme, Gakarta: Erlangga, 2005.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Ichsan, I. (2024). Multikulturalisme dalam Praksis Pendidikan Islam. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.8974