Menata Kembali Pendidikan Karakter di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i2.9001Keywords:
Character Education, School.Abstract
Pendidikan karakter sebagai upaya membangun kesadaran dan identitas bangsa Indonesia yang akhir-akhir ini dilanda berbagai keterpurukan. Pendididkan karakter menyangkut pemahaman, penghayatan, dan perilaku baik yang dikembangkan dari nilai-nilai inti. Pendidikan karakter tidak hanya berdimensi personal, tapi juga memiliki dimendi sosial-struktural.
Pendidikan karakter di sekolah menjadi tanggung jawab bersama komponen yang ada di sekolah, dan merupakan kemitraan antara sekolah dan keluarga. Dalam kurikulum SD 197 4 ada Pendidikan Budi Pekerti, dan pada masa Orde Baru, digalakkan penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). Hal ini menunjukkan sebenarnya bangsa ini memiliki keprihatinan yang mendalam tentang pembentukan karakter bangsa.
Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kemajuan terhadap karakter peserta didik menjadi tolok ukur pendidikan karakter, sehingga perlu dipertimbangkan mengenai isi program, strategi, prinsi-prinsip, serta penilaian pendidikan karakter yang diselenggarakan di sekolah.
Downloads
References
Abdul Madjid dan Dian Andayani, Pendidkan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Agus R. Sarjono, Pembebasan Budaya-Budaya Kita, Jakarta: Gramedia, 1999.
Al wisol, 2007, Psikologi Kepribadian, Malang: UMM Press, 2007.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1999.
Baharuddin, Paradigma Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
C. Asri Budiningsih, Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Diane Tilman, Pendidikan Nilai untuk Anak Usia 8-14 tahun, penterjemah Adi Respati, dkk, Jakarta: Grasindo, 2004.
Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo,2007.
EM. K. Kaswardi, Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000, Jakarta: Grasindo, 1993.
H. Una Kartawisastra, dkk, Strategi Kalirifiksi Nilai, Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), 1980.
H.A. Tilaar, 2003, Kekuasaan dan Pendidikan, Magelang: Indonesiatera, 2003.
Hamzah B. Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Hasyim Muhammad, Dialog an tara Tasawuf dan Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Walisongo Press, 2002.
http: I !www .jsit. web.id /index.php?option=com content& task=view&id=416&1temid=73, 25/3/2010. http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/15/129378/68/ 11 /Menata-Ulang-Pendidikan-Karakter-Bangsa, 22/3 I2010.
Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya, 2007.
Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia, 1983.
Masnur Muslich, Pendidikan Karanter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Paul Suparno, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Pemerintah Republik Indonesia, 2010, Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025.
Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosdakarya, 2005.
Tim Editor, Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa, Malang: Program Studi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.