Active Learning untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif Runtut Prih Utami

Authors

  • Runtut Prih Utami UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.8973

Keywords:

Active Learning, effective learning

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan salah satu aspek penting dari suatu bangsa, karena maju tidaknya suatu bangsa bisa dilihat dari kualitas pendidikannya. Kualitas pendidikan tidak terlepas dari kualitas pembelajaran dan kualitas tenaga pengajar/gurunya. Oleh sebab itu kedua aspek tersebut harus ditingkatkan.

 

Pembelajaran yang berlangsung selama ini umumnya menggunakan metode pengajaran yang cenderung sama setiap kali pertemuan di kelas. Pembelajaran masih berpusat pada guru ini mengakibatkan siswa cenderung pasif dan pembelajaran tidak efektif. Kondisi pembelajaran yang tidak memperhatikan perbedaan peserta didik, teacher centered, monoton, tidak efektif dan jauh dari ketuntasan belajar pada saat ini membuktikan terjadinya kegagalan dalam proses pembelajaran di sekolah. Oleh sebab itu perlu inovasi pembelajaran yang merubah paradigma teacher centered menjadi student centered, dari mengajar (to teach/ instructor) menjadi memfasilitasi (to help student learn facilitator). Strategi pembelajaran yang ditawarkan adalah strategi belajar aktif (active learning strategy).

 

Active learning memberikan kesempatan yang lebih banyak pada peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar daripada sekedar menerima pelajaran yang diberikan. Agar pembelajaran lebih bermakna maka siswa harus terlibat aktif dalam pembelajaran untuk mengkonstruk pengetahuannya melalui pengalaman belajar yang dimilikinya. Dalam active learning ini guru bertindak sebagai fasilitator, oleh sebab itu guru harus profesional yang menguasai materi dan mampu berkomunikasi dengan baik, inovatif serta mampu mengelola kelas dengan baik. Implementasi active learning ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara khusus dan kualitas pendidikan secara umum.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, “No Child Left Behind Act”, http://www.ed.gov/ about/overview/ budget/budget06/nclb/ex-panding-promise.pdf, Diakses pada tanggal 20 Juni 2008 dari 2001.

Bonwell, Charles C., dan James A. Eison, “Active Learning: Creating Excite-ment in the Classroom”, http://www.gwu.edu/eriche.

Dee Fink, L, Active Learning, reprinted with permission of the Oklahoma Instructional Development Program, 1999.

Driscoll, Marcy P., Psychology of Learning For Instruction. USA: Allyn & Bacon, 1994.

Duffy, Thomas, M and Jonassen, David. H, Constructivism and the Technology of Instruction (A Conversation), New Jersey: Lawrence Erlbaum Assosiates Publisher, 1992.

Giroux, H & Mc Laren, P, Teacher Education and Politics of Engage-ment: The Case for Democratic Schoolin,. USA: Harvard Educational Review, 1986.

Hartono, “Strategi Pembelajaran Aktif” http://sditalqalam.wordpress.com

Margaret, Bell, E., Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: PT. Raja Gredler Grafindo Persada, 1994.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Ornstan, Allan, C., dan Lasley, II Thomas, J., Effective Teaching, New York: Mc-Graw-Hill, 2000.

Richard I., Arends, Learning to Teach (Fifth Edition). New York: Me. Graw-Hill, 2001.

Runtut Prih Utami, “Prestasi Belajar Biologi Pada Kompetensi Dasar Bioteknologi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based In-struction (PBI) Disertai Hand Out dan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Ditinjau Dari Intelegensi dan Kreativitas Siswa”. Tesis, Surakarta: Program Pasca Sarjana: UNS, 2006.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Utami, R. P. (2024). Active Learning untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif Runtut Prih Utami. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.8973