Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Nyaman dan menyenangkan Dengan Metode Permainan Bahasa

Authors

  • Siti Johariyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8976

Keywords:

Bahasa Indonesia, Quantum Learning, Permainan Bahasa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh model quantum learning dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta meningkatkan prestasi belajar di kelas 1 B MIN Tempel Ngaglik Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas dan juga dalam menghadapi kendala, hambatan dan tantangan sebagai pemacu kreatifitas agar menjadi lebih baik.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas 1 B di MIN Tempel Ngaglik Sleman Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptifkualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu : tahap reduksi data trianggulasi dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Quantum Learning dengan metode permainan bahasa merupakan salah' satu metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan terbukti adanya peningkatan dari hasil observasi kegiatan pembelajaran baik dari segi siswa maupun guru yakni pada siklus 1 prosentase pembelajaran nyaman dan menyenangkan dari  segi siswa mencapai prosentasi 30 % sedangkan pada siklus II mencapai 76 % . Telah terjadi peningkatan sebesar 46 %, sedangkan  untuk  kegiatan pembelajaran nyaman dan menyenangkan dari segi  guru pada siklus I prosentase mencapai 41,10% sedang pada siklus II mencapai sebesar 76.11%, mengalami peningkatan sebesar 35,01 %, serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IB dimana pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 74,41, siklus II nilai rata-rata 90,08. (2) waktu guru untuk menyiapkan proses pembelajaran di kelas tidak dapat dilaksanakan dengan optimal karena minimnya persiapan yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Bafadal, Ibrahim, Penghayatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

Departemen Agama RI, Standar Kompetensi Kurikulum 2004, Jakarta: T.P, 2005.

Dirjen Bimbaga Islam DEPAG RI, Standar lsi Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Dirjen Bimbaga Islam, 2006.

Djamaroh, Bahri, Syaiful dan Aswan, Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Gino, dkk., Belajar dan Pembelajaran L, Surakarta: UNS Press, 2008.

Lexy. J. Moleong., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004. Mahmud Junus, Al Qur'an Al Kariim, Bandung: Al Ma'arif, 2004.

Porter, De, Bobbi dan Mike, Hernacki, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa P.T Mizan Mustoka, 2004.

Rohmiana, Arum, Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematikan Nyaman dan Menyenangkan dengan model pembelajaran quantum learning metode permainan matematika di kelas IV A SD Muhammadiyah 23 Surakarta. (Skripsi Fakultas Sains dan teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008)

Rumini, dkk, Psikologi Umum, Yogyakarta: FIP UNY, 1998.

Rumini, dkk, Psikologi Umum, Yogyakarta: FIP UNY, 1998.

Slamento, Belajar dan Faktor-Foktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta,1995.

Soeparno, Media Pengajaran Bahasa Yogyakarta, Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1980.

Suardiman, Partini, Siti, Metode Pengembangan Daya Pikir dan Cipta Untuk anak Usia Dini, Yogyakarta: FIP UNY, 2003.

Sumantri, Mulyani & Johar, Purnama, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Maulana, 2001.

Susilo, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Johariyah, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Nyaman dan menyenangkan Dengan Metode Permainan Bahasa. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2). https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8976