Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Nyaman dan menyenangkan Dengan Metode Permainan Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8976Keywords:
Bahasa Indonesia, Quantum Learning, Permainan Bahasa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh model quantum learning dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta meningkatkan prestasi belajar di kelas 1 B MIN Tempel Ngaglik Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas dan juga dalam menghadapi kendala, hambatan dan tantangan sebagai pemacu kreatifitas agar menjadi lebih baik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas 1 B di MIN Tempel Ngaglik Sleman Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptifkualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu : tahap reduksi data trianggulasi dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Quantum Learning dengan metode permainan bahasa merupakan salah' satu metode pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan terbukti adanya peningkatan dari hasil observasi kegiatan pembelajaran baik dari segi siswa maupun guru yakni pada siklus 1 prosentase pembelajaran nyaman dan menyenangkan dari segi siswa mencapai prosentasi 30 % sedangkan pada siklus II mencapai 76 % . Telah terjadi peningkatan sebesar 46 %, sedangkan untuk kegiatan pembelajaran nyaman dan menyenangkan dari segi guru pada siklus I prosentase mencapai 41,10% sedang pada siklus II mencapai sebesar 76.11%, mengalami peningkatan sebesar 35,01 %, serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IB dimana pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 74,41, siklus II nilai rata-rata 90,08. (2) waktu guru untuk menyiapkan proses pembelajaran di kelas tidak dapat dilaksanakan dengan optimal karena minimnya persiapan yang dilakukan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Bafadal, Ibrahim, Penghayatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Departemen Agama RI, Standar Kompetensi Kurikulum 2004, Jakarta: T.P, 2005.
Dirjen Bimbaga Islam DEPAG RI, Standar lsi Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Dirjen Bimbaga Islam, 2006.
Djamaroh, Bahri, Syaiful dan Aswan, Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2006.
Gino, dkk., Belajar dan Pembelajaran L, Surakarta: UNS Press, 2008.
Lexy. J. Moleong., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004. Mahmud Junus, Al Qur'an Al Kariim, Bandung: Al Ma'arif, 2004.
Porter, De, Bobbi dan Mike, Hernacki, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa P.T Mizan Mustoka, 2004.
Rohmiana, Arum, Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematikan Nyaman dan Menyenangkan dengan model pembelajaran quantum learning metode permainan matematika di kelas IV A SD Muhammadiyah 23 Surakarta. (Skripsi Fakultas Sains dan teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2008)
Rumini, dkk, Psikologi Umum, Yogyakarta: FIP UNY, 1998.
Rumini, dkk, Psikologi Umum, Yogyakarta: FIP UNY, 1998.
Slamento, Belajar dan Faktor-Foktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta,1995.
Soeparno, Media Pengajaran Bahasa Yogyakarta, Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1980.
Suardiman, Partini, Siti, Metode Pengembangan Daya Pikir dan Cipta Untuk anak Usia Dini, Yogyakarta: FIP UNY, 2003.
Sumantri, Mulyani & Johar, Purnama, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Maulana, 2001.
Susilo, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.