Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tingkat MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i2.9015Keywords:
The Power of Two, Media image, Creativity, AchievementAbstract
Pembelajaran akan berlangsung dengan menyenangkan ataupun membosankan tergantungdari guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Minimnya pengetahuan guru tentang strategi pembelajaran akan berdampak pada proses pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Selama ini guru lebih sering menggunakan strategi pembelajaran konvensional sehingga siswa rmengalami kebosanan dalam belajar, kreativitasnya kurang dan dampaknya prestasi belajar rendah. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two (kekuatan berdua) dengan media gambar. Strategi pembelajaran ini diterapkan dengan tujuan untuk lebih menjadikan siswa kreatif dan meningkatkan prestasi belajar.Downloads
References
Akhadiah, Sabarti, Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 1996.
Anwari, Muhammad, “Penerapan Metode The Power Of Two (Kekuatan Berdua) untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Kolaborasi dan Minat Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di Kelas XI IPA MAN Tempel”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Asmadi T.D., “Arti Tanggal 2 Mei bagi Bahasa Indonesia”, Laman Lembaga Pers Dr. Sutomo, Edisi 08 Februari, Diambil tanggal 15 April 2011, Dari: http://id.wikipedia.org/wiki/BahasaIndonesia#PembelajaranbahasaIndonesia, 2010.
Asmiyanti, Femi, “Penerapan Model Pembelajaran ARIAS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fiqih bagi Siswa Kelas XI IPA MAN Tempel Sleman Yogyakarta”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Djuanda, Dadan, Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan, Jakarta: Depdiknas, 2006.
Gatiningsih, “Penerapan Model The Power of Two dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah (PTK Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus)”, Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhamadiyah Surakarta, 2009.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset, 1992.
Hasim, Muhammad, “Strategi Pembelajaran Aktif”, Diambil pada Tanggal 20 Desember 2011, Dari: http://teacheracim. blogspot.com/2008/12/strategi-pembelajaran-aktif.html, 2008.
Kridalaksana, Harimurti, Pendekatan Historis dalam Kajian Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia dalam Kridalaksana H (penyunting). Masa Lampau bahasa Indonesia: Sebuah Bunga Rampai. Yogyakarta : Penerbit Kanisius, 2001.
Laode, Deden M, "Media Gambar dalam Proses Pembelajaran Kelas 4 SD", Diakses tangal 11 Januari 2012, Dari: http://dedenbinlaode.blogspot.com/2010/01/i_22.html, 2010.
Mafatih, Ahmad Bisyri Hadi, “Makalah Strategi Be/ajar dengan Cara Kooperatif (Bidang Studi IPS)”. Diakses pada Tanggal 28 Oktober 2011, Dari: http://media.diknas.go-id, 2007.
Marsigit, Langkah-langkah Pembelajaran, Jakarta: Yudistira, 2005.
Munandar, Utami, Kreativitas dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Muqowin, "Strategi Pembelajaran". Diakses tanggal 28 Oktober 2011, Dari: http://muqowin.com, 2007.
Poerwodanninto, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2009.
Ramadan, Tarmizi, Strategi Pembelajaran Kekuatan Berdua, Diambil 20 Desember 2011, Dari: materikuliah/bahanskripsi/StrategiBelajarKekuatanBerduaThePowerTarmizRamadhanBlog.html.
Sadiman, Arif S., Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Jakarta: Rajawali, 1996.
Sanjaya, Ade, "Contoh Makalah Pendidikan 2011 Terbaru Kreativitas Belajar", Diambil tanggal 29 Oktober 2011, Dalam file:///D:/ bahankripsilkreativitas-belajar.html.
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008.
Silberman, Melvin, 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yapendis, 2009.
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Sudijono, Anas, Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Syah, Muhibin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Wahyono, "Ipotes Aktivitas dan Prestasi Belajar", Diambil pada Tanggal 29 Oktober 2011, Dari: http://ipotes.wordpress.com/2008/05/24/prestasi-belajar/
Wiriaatmaja, Rochiati, Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Posda Karya, 2008.
Yasinta, “Peran Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II Min Yogyakarta I”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.
Yuniar, Tanti, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Agung Media Mulia, 2007.
Zaini, Hisyam, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.