Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sistem dan Kreatifitas
DOI:
https://doi.org/10.14421/albidayah.v2i2.8977Keywords:
Prefesionalisme, Pendidik, Berbasis Sistem, Kreatifitas.Abstract
Profesionalisme telah menjadi pilihan untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan kita. Berbagai eksperimen telah dilakukan untuk mewujudkan profesionalisme di seluruh kalangan pemangku pendidikan baik pendidik dan tenaga pendidikan. Di samping beberapa kelebihan praktik yang selama ini berjalan, di sana terdapat kelemahan-kelemahan pemahaman dan aplikasi profesionalisme.Dalam beberapa aspek, konsep profesionalisme kita mengabaikan sistem. Pendidik masih diistemewakan dibanding komponen pemangku pendidikan yang lain. Sehingga pendekatannya kurang sistemis, tetapi lebih menonjol secara personal. Di dalam aspek yang lain, profesionalisme lebih banyak terpaku pada konsep sehingga cenderung mekanis, kurang memiliki daya adaptasi dan integrasi terhadap berbagai fenomena baru di dunia global. Profesionalisme dunia pendidikan kita sebaiknya juga diimbangi dengan kemampuan kreatif untuk mengintegrasikan setiap fenomena baru yang berkaitan dengan pendidikan, tidak hanya terpaku pada konsep-konsep beku.
Downloads
References
Chakim, Musthofa, Kontroversi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pontianak Pos, 18/09/07.
Doni, A, Kosesoema, Tiga Matra Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Basis No 07-08, 2007.
Karsidi, Rafik, “Profesionalisme Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Otonomi Daerah', Makalah Seminar Nasional Pendidikan, Dewan Pendidikan Kabupaten Wonogiri, 23 Juli 2005.
Lie, Anita, Wawasan Multikultural dalam Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Basis No 07-08, 2007.
Michael, Fullan, The Meaning of Educational Change, Teachers College Press: New York and London, 1982.
Mulyasa, E, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Rosdakarya, 2006.
Permendiknas No 25 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah.
PP No 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Sinamo, H, Jansen, 7 Mental Profesional, http//:www.institute.mahardika.co.id.
Sunyono, Sertifikasi dan Profesionalisme Guru, FKPI Unila, 2004.
Supa'at, “Model Transformasi Madrasah Sebagai Sekolah Umum Berciri Khas Agama Islam”, Desertasi PPS UNY, 2009.
Sutrisno, Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, (terjemah tim), Yappendis, Yogyakarta, 2001.
Sutrisno, Pendidikan Islam yang Menghidupkan, Kota Kembang, Yogyakarta, 2006.
Suyanto, “Tantangan Profesional Guru di Era Global”, Makalah Universitas Negeri Yogyakarta, 2007.
Tilaar, H.AR & Riant Nugroho, Kebijakan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Vincent, Gaspers, Total Quality Management, Jakarta: Grarnedia, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.