Penanaman Nilai–Nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hadroh di Mi Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul

Authors

  • Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.112

Keywords:

Ekstrakurikuler, Hadroh, Nilai-nilai Karakter.

Abstract

Pada pesenian Hadroh banyak terkandung beberapa nilai yang terkait dengan aspekaspek pendidikan seperti ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter). Nilai-nilai  karakter  di  sekolah  dapat  ditanamkan  dengan  cara  diintegrasikan pada mata pelajaran, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, ekstrakurikuler hadroh merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya madrasah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.

Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul, (2) nilai-nilai karakter apa saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler hadroh.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif,  jenis  penelitian  lapangan  (field reserch) dengan mengambil tempat penelitian di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Subjek penelitian ini adalah Guru ekstrakurikuler hadroh dan siswa-siswa yang  mengikuti  kegiatan  ekstrakurikuler  hadroh.  Untuk  informan  pendukungnya adalah Kepala Madrasah dan Guru Wali Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrakurikuler hadroh di MI Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul diikuti oleh 12 siswa putra kelas IV dan V dimana runtutan acara pada setiap latihan adalah pembukaan, pemberian materi vokal dan dan materi tabuhan, pembacaan sholawat (penggarapan lagu), dan penutup. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam ekstrakurikuler hadroh adalah religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air (nasionalisme), menghargai prestasi, dan tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharmo, Budi Suseno, Lantunan Sholawat dan Nasyid, Yogyakarta: Media Insani, 2005.

KEMENAG RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya,Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, 2010.

Khayati Elmi Nailufar dari Taufiq H. Idris, Mengenal Kebudayaan Islam,Surabaya: PT Bina Ilmu, 1983.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Nasr, Sayyed Hossein, Ensiklopedia Tematis Spiritualitas Islam Manifestasi. Penerjemah M. Sholihin dkk, Bandung: Mizan, 2003.

Nata, Abuddin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Noor, Rohinah M, The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, Yogyakarta: Insan Madani, 2012.

Prihatin, Eka, Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta, 2011.

Sarjono, dkk, Panduan Penulisan Skripsi, Yogyakarta: Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2007.

Wiyani, Novan Ardy, Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2012.

Yin, Robert K, Studi Kasus Desain dan Metode, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Downloads

Published

2018-12-09

How to Cite

Santosa, S. (2018). Penanaman Nilai–Nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hadroh di Mi Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 101–110. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.112