Optimalisasi Strategi Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara Siswa Kelas V MI

Authors

  • Aninditya Sri Nugraheni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.9005

Keywords:

Reseach, Language, Strategy, Think-Pair-Share, Learning Cooperative

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan: (1) kualitas pengajaran berbicara dan proses belajar, (2) kualitas pengajaran dan hasil belajar, (3) pengajaran dan masalah proses pembelajaran, dan (4) solusi untuk memecahkan penelitian problems. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Peneliti juga dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan teknik, dalam: (1) tingkat keterampilan berbicara, (2) latihan berbicara di kelas dengan teman, (3) keterampilan berbahasa lainnya (membaca, dan menulis), dan (4) menciptakan strategi dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Reseach, berbahasa, strategi, Think-Pair-Share, pembelajaran kooperatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti, dkk, Bahasa Indonesia I, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.

Aqib, Zainal, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendekia, 2006.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Bygate, Martin, Speaking, Oxford: Oxford University Press, 2000.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Kagan, Spencer, Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing, 1994. on line www.KaganOnline.com, 1994.

Karuru, Perdy, "Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Setting Pembelajaran Kooperat!f Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPS Siswa SLTP”, Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Tahun Ke-9, No. 045: 789-805. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

Lawrence W. Sherman, “Cooperative Learning In Post Secondary Education: Implications From Social P.sychology For Active Learning Experiences”, A Presentation To The Annual Meetings Of The American Educational Research Association, diunduh pada tanggal 23 Maret 2009, Dari: http://www.users.muohio.edu/shermalw/aera906.html.

Louise, Listening and Speking Teacher Book, Cambridge: Cambridge University Press, 2003.

Lundgren, Linda, Cooperative Learning in the Science Classroom. New York, Glencoe McGraw-Hill, 1994.

Lyman, F, "The Responsive Classroom Discussion." In Anderson, A. S. (Ed.), Mainstreaming Digest. College Park, MD: University of Maryland College of Education, 1981.

Maidar G, Arsjad dan Mukti U.S, Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, Jakarta: Penerbit Erlangga, 1991.

Muhadjir dan A. Latief, "Berbicara" dalam Majalah Pengajaran Bahasa dan Sastra. I (3), 47, 1975.

Nababan, Subyakto, Utari Sri, Metodologi Pengajaran Bahasa Kelas 2, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Depdikbud, 1988.

Parera, J. D. dan Tasai S. Amran, Pintar Berbahasa Indonesia 2 Petunjuk Guru Bahasa Indonesia Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Pemerintah Republik Indonesia, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan”.

Pendidikan Puji Santosa, dkk, Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2005.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Beroreintasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.

Slavin, Cooperative Learing: Theory, Research, and Practice (Success for all Cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta didik), Bandung: Nusa Media, 2008.

Sugandi, A. I, “Pembelajaran Pemecahan Masala Matematika Melalui Model Belajar Kooperatif Tipe Jigsaw”, Tesis, Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas Satu SMU Negeri di Tasikmalaya, PPS UPI: Tidak Diterbitkan, 2002.

Suharyanti, Berbicara (IND.202) BPK FKIP – PBS - Indonesia. Surakarta: UNS Press, 1996.

Surono, "Pemerkayaan Materi Pokok Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan MA”, Kumpulan Makalah Konferensi Internasional (PBSIXXVlJI-IKIP PGRJ Semarang), LPMP Jawa Tengah, 2006.

Suwandi, Sarwiji, Model Asesmen dalam Pembelajaran, Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13, 2008.

Suwandi, Sarwiji. Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13, 2008.

Tarigan, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2009.

Thompson, J. D, Organizations In Action, New York: McGraw-Hill, 1967.

Widdowson, Henry, "ElL: Squaring the Circles A Reply, English: World Englishes, 1998.

Downloads

Published

2024-09-14

How to Cite

Nugraheni, A. S. (2024). Optimalisasi Strategi Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kompetensi Berbicara Siswa Kelas V MI. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.9005