Pengembangan Program Profesionalisme Dosen Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di ASEAN
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9051Keywords:
Bahasa Indonesia, Penutur Asing, Metodologi PengajaranAbstract
Saat ini, Indonesia masuk ke dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia dan bukan tidak mungkin kelak Indonesia akan menjadi salah satu prioritas investasi internasional yang cukup berpengaruh. Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan bentuk integrasi ekonomi yang sangat potensial di dunia. Peraturan yang mengatur agar pekerja asing harus berbahasa Indonesia saat MEA sudah diberlakukan. Untuk itu, setiap orang asing yang akan bekerja di Indonesia harus mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Untuk memperjelas paparan tersebut, berikut skema alur permasalahan dalam penelitian ini. UKBI penting dilakukan untuk pengembangan bahasa Indonesia ke depannya,. apalagi guna memasuki MEA. Permasalahan-permasalahan tentang pembalajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing menggambarkan betapa penting upaya peningkatan kualitas tenaga pengajar BIPA. Volume dan kwalitas pembelajaran bahasa Indonesia untuk bangsa-bangsa lain yang akan mempelajari bahasa Indonesia sangatlah penting
Downloads
References
Abdurakhmad, Hasanudin, Bahasa Indonesia, Bahasa Kedua, Artikel Wikipedia, 2009.
Adellaar, K.A. Sander, "Pengajaran Bahasa Indonesia di Australia Laporan dari Konferensi BIPA se-Australia yang Kedua". Dalam "Hasil-hasil Persidangan Konferensi Indonesia Mengenai Pengajaran BIPA", Jakarta: Universitas Indonesia, 1991.
Adellaar, K.A. Sander, "Pengajaran Bahasa Indonesia di Australia Laporan dari Konferensi BIPA se-Australia yang Kedua", Dalam "Hasil-hasil Persidangan Konferensi Indonesia Mengenai Pengajaran BIPA", Jakarta: Universitas Indonesia, 1991.
Anya, Kesiapan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Asean Economic, Dalam Community 2015, http://hem.feb.ugm.ac.id/?p=l09 (7 Oktober 2013), Diunduh 20 Maret 2013.
Cohen, Louis., et al., Research Methods in Education (Great Britain: TJ International Ltd, Padstow, Cornwall, 2000).
Dardjowidjojo, Soenjono, "Masalah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing di Indonesia". Dalam "Hasil-hasil Persidangan Konferensi Indonesia Mengenai Pengajaran BIPA", Jakarta: Universitas Indonesia, 1991.
Diah, Martina Purwaning, "Sudah Siapkah Indonesia Mengghadapi Asean Economic Community 2015, Dalam http:// martinafiaub. wordpress.com/2013/06/13/ sudah-siapkah-indonesia menghadapi-asean-economic-community-2015/ (7 Oktober 2013), Diunduh 20 Maret 2013.
Dulay, H., M. Burt, and Krashen, S, Language Two, New York: Oxford University Press, 1982.
Fariqoh, Riqoh, Pengembangan Bahasa Ajar Membaca untuk Pembelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Dasar, Tesis, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.
Gall, D. Meredith, Joyce P. Gall, and Walter R. Borg, Educational Research an Introduction, New York: Pearson Publishing, 2003.
Gusti Astika, Penelitian Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing: Latar Belakang, Landasan Teoritis dan Prosedur Pengumpulan Data, Majalah Komunikasi Maranatha, Vol2, No 2 (1995).
Lolok, Adeltus, Seberapa Siapkah Indonesia Menghadapi Asean Economic Community, Dalam http://adeltuslolok. com/2012/09/seberapa-siapkah-indonesia-mengahadapi -aseaneconomic-community/ (70ktober 2013). Diunduh 20 Maret 2013
Mbulu, J. dan Suhartono, Pengembangan Bahan Ajar, Malang: Elang Mas, 2004.
Nurgiyantoro, Burhan, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Jakarta: Pustaka Jaya, 2001.
Nyoman Riasa, Bahasa in Bali: Program Pengajaran Bahasa Indonesia yang Memadukan Komponen Linguistik dan Budaya bagi Penutur Asing, Makalah, Dalam Konferensi Internasional II Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA II), IKIP: Padang, 1996.
Pusat Bahasa, Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi: Pemantapan Peran Bahasa sebagai Sarana Pembangunan Bangsa, Risalah Kongres Bahasa Indonesia VII, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2000.
Pusat Bahasa, Menggalang Citra Indonesia Melalui BIPA, Makalah, Dalam Seminar dan Lokakarya Internasional Pengajaran BIPA, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
Rini Agustina, Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 1, No 2 (2013).
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persana, 2009.
Subyakto, Nababan, Pengajaran Bahasa Indonesia kepada Penutur Asing Menurut Pendekatan Komunikatif, Makalah, Dalam Konferensi Intemasional II Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA II), IKIP PADANG, 1996.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Agensindo, 2001.
Sumarso, Peranan Guru sebagai Lingkungan Belajar Bahasa Kedua, Makalah, Dalam Lokakarya BIPA Regional Bali III, IALF Bali, 11 Desember 1999.
Tim, Hasil-hasil Persidanga Konferensi Indonesia Mengenai Pengajaran BIPA, Jakarta: Universitas Indonesia, 1991.
Vanicek, Eva. "Metode Pengajaran Bahasa Indonesia di Victoria University of Wellington, Selandia Baru", Dalam "Hasil-hasil Persidangan Konferensi Indonesia Mengenai Pengajaran BIPA", Jakarta: Universitas Indonesia, 1991.
Widodo, H.S., Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Model Tutorial, Makalah, CIS BIPA UM Malang, Agustus 2001.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.