Pendidikan tonggak Keberhasilan Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak Usia MI
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.9035Keywords:
Pendidikan, Pendidikan Karakter, SiswaMIAbstract
Pendidikan karakter merupakan fondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Di era sekarang, karakter merupakan sesuatu yang sulit ditemukan pada masyarakat Indonesia. Upaya unruk membangun karakter pada masyarakat Indonesia telah dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan perubahan kurikulum, dari KTSP menjadi kurukulum 2013. Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari peran pendidik. lebih jauh hakikat pendidikan karakter adalah proses yang berkelanjutan dan tak pernah berakhir, sehingga menghasilkan perbaikan kualitas yang berkesinambungan, yang ditunjukan pada terwujudnya sosok pemimpin masa depan, dan berakar pada nilai-nilai budaya bangsa.
Downloads
References
Agustian, Ary Ginanjar. Membangun Sumber Daya Manusia dengan Kesinergisan antara Kecerdasan Spiritual, Emosional, dan
Intelektual. Pidato Ilmiah Penganugerahan Gelar Kehormatan Doctor Honoris Causa di Bidang Pendidikan Karakter, UNY 2007.
Azra, Azyumardi. Agama, Budaya, dan Pendidikan Karakter Bangsa. 2006
Budimansyah, Dasim, Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi:Penguatan PKn, Layanan Bimbingan Konseling dan KKN Tematik di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung:
Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.
Djalil, Sofyan A. dan Megawangi, Ratna. Peningkatan Mutu Pendidikan di Aceh melalui Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Makalah Orasi Ilmiah pada Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Dies Natalis ke 45 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 2 September 2006.
Elkind, David H. dan Sweet, Freddy, How to Do Character Education.
Artikel yang diterbitkan pada bulan September/Oktober 2004.
Fukuyama, F., Trust: The Social Virtues and The Creation ofProsperity,
London: Hamish Hamilton, 1995.
Hasbullah, J., Sosial Kapital: Menuju Keunggulan Budaya Manusia
Indonesia, Jakarta: MR-United Press, 2006.
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Alfabeta: Bandung, 20 11.
Jalal, Fasli dan Supriadi, Dedi, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001.
Kementrian Pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas, 2010.
Koesoema, A, D., Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di
Zaman Global. Edisi Revisi, Jakarta: Grasindo, 2010.
Lickona, T., Raising Good Children: From Birth Through the Teenage
Year, Bantam Book, New York: 1994.
Lickona, Thomas, Educating for Character: How Our Schools Can
Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books, 1992.
Lickona, Tom; Schaps, Eric, dan Lewis, Catherine, Eleven Principles ofE.ffective Character Education, New York: Character Education
Partnership, 2007.
Megawangi, R., Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Cetakan Kedua (Revisi), Bogor: Indonesia Heritage Foundation, 2007.
Sairin, Weinata., Pendidikan yang Mendidik, Jakarta: Yudhistira, 2001.
Suyanto dan Hisyam, Djihad., Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III: Refleksi dan Reformasi. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.
Suyanto, Urgensi Pendidikan Karakter, (online), http://www. mandikdasmen.depdiknas. go.idlweb/pages/ urgensi.html, diakses tanggal3 September 2014.
Undang undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zuchdi, Darmiyati dkk., Pendidikan Karakter: Konsep Dasar dan
Implementasi diPerguruan Tinggi, Yogyakarta: UNYPress, 2013.
Zuchdi, Darmiyati., dkk., Pendidikan Karakter Grand Design dan Nilai-nilai Target Yogyakarta: UNY Press, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.