Pengembangan Soft Skill Guru dalam Pembelajaran Sains SD/MI Masa Depan yang Bervisi Karakter Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.9007Keywords:
Development, Soft Skills, Teachers, Learning, Science, CharacterAbstract
Di era globalisasi ini, perkembangan saintek dan pendidikan di sekolah dasar sangatlah cepat. Dalam paradigma pendidikan pun sudah mulai berubah dari Teacher center berangsur-angsur berubah ke Student Centered Learning. Pengembangan soft skills guru harus berlandaskan pada kehidupan nyata, aplikatif, penilaian komprehensif, dan pembentukan manusia yang memiliki akal sehat. Pengasahan soft skills guru dapat juga dilaksanakan melalui: kegiatan-kegiatan seminar, MGMP/KKG, pelatihan-pelatihan khusus soft skill, bisa juga melalui character building. Guru sains bukanlah hanya pengajar, tetapi pendidik.
Kata Kunci: Pengembangan, Soft Skill, Guru, Pembelajaran, Sains, Karakter
Downloads
References
Fatonah, Siti, “Pendekatan Learning By Playing Pada Pembelajaran Sains di MI/SD”, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 2. Tahun I, November 2009.
Ghufron, Anik, “Pengembangan Kurikulum Teaching School Berbasis Profesi”, Makalah Seminar dan Loka Karya, Fakultas Tarbiyan dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada tanggal 29 November 2010.
Hamami, Tasman, “Pengembangan Soft Skill Bagi Guru Profesional”, Makalah Pembekalan sertifikasi guru dalam jabatan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010.
Hari, Nugroho Djoko, “Integrasi Soft Skills Pada Kurikulum Prodi Elektronika Instrumentasi-STTN Untuk Persiapan SDM PLTN”, Makalah Seminar Nasional V SDM Teknologi Nuklir Yogyakarta, 5 November 2009.
Herlanti, Yanti, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sains di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Tiga Langkah Pembelajaran Aktif”, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah. Vol 1. No. 2, Desember 2009.
Koesoema A. Doni, Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo, 2010.
Paul Suparno, “Integrasi Pendidikan Nilai/Karakter Dalam Pendidikan Sains Masa Depan”, Makalah Seminar Nasional, pada tanggal 23 Oktober 2010 PPS Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasetyo, Sigit, “Optimalisasi Penggunaan Kit IPA dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD)”, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah. Vol 3. No. 1, Juni 2011.
Priyanto, Slamet, “Dengan Pendidikan Karakter, Terbangun Peradaban Luhur”, diakses tanggal 20 desember 2010, Dari: http:// suaramerdeka.com/v1/index.php/pendidikan/newsdetail/48534.
Rekewil Pimpinan PTS, “Soft Skill di Perguruan Tinggi”, Hand Out, 2006.
Saldi Fadli, “Sinergi Soft Skill dan Hard Skill”, diakses tanggal 20 Desember 2010, Dari: http://edukasi.kompasiana.com/ 2010/02/23/sinergi-soft-skill-dan-hard-skill/
Sukardjo, “Optimalisasi Pendidikan Nilai/Karakter Dalam Pendidikan Sains Masa Depan”, Makalah Seminar Nasional, pada tanggal 23 Oktober 2010 PPS Universitas Negeri Yogyakarta.
Sulistyorini, Sri, Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.
Sumaji dkk, Pendidikan Sains Yang Humanistis, Yogyakarta: Kanisius, 2009.
Surnintono, Bambang, “Pembelajaran Sains, Pengembangan Keterampilan Sains dan Sikap Ilmiah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru”, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah lbtidaiyah. Vol 2. No. 1, Juni 2010.
Syam, Nur, Pendidikan Soft Skill, diakses pada tanggal 20 Desember 2010, Dari: http://nursyam.sunan-ampel.ac.id/?p=l585, 2010.
Tim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, “Pengembangan Soft Skill Bagi Guru Profesional”, Makalah Pembekalan sertifikasi guru dalam jabatan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2010.
Widji Seoratri, Implementasi Soft Skill dalam Pembelajqran, Surabaya: Universitas Airlangga, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.