Pengembangan LKM Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI 1
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9074Keywords:
Learning Science, MFIs, Science Process SkillsAbstract
Sesuai dengan tuntutan perubahan kurikulum pendidikan tinggi yang mensyaratkan dalam setiap kompetensi yang diberikan mahasiswa harus disandingkan dengan sebuah penguasaan keterampilan tertentu. Pembelajaran IPA pada mahasiswa calon mahasiswa MI/SD bertujuan agar mahasiswa mampu menguasi konsep-konsep dan mampu mengintegrasikan antara konsep dan praktik serta penerapanya dalam bentuk teknologi maupun dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik pengembangan LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains untuk Mahasiswa PGMI. (2) Bagaimana LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains berdasarkan penilaian pengguna. (3) Bagaimana respon mahasiswa PGMI dengan dikembangkannya LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R&D.Prosedur dalam penelitian ini mengadaptasi pada pengembangan perangkat model 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Development, and Dissemination.
Hasil penelitian pengembangan LKM pada mata kuliah Pembelajaran IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains. yang dikembangkan sesuai dengan rancangan produk dimana hasil validasi produk oleh validator dan hasil respon atau tanggapan mahasiswa dilihat dari aspek kesesuaian isi dengan materi, keterbacaan, serta konstruksi LKM mempunyai kategori sangat tinggi, sedangkan hasil respon mahasiswa terhadap produk LKM yang dikembangkan dilihat dari aspek keterbacaan dan kemenarikan LKM mempunyai kategori sangat tinggi. LKM hasil pengembangan ini layak digunakan untuk pembelajaran IPA MI diperguruan tinggi.
Downloads
References
Achmad, H & Baradja, L., Demonstrasi Sains Kimia, Bandung: Penerbit Nuansa, 2012
Apriyani, Saptorini, Sri Nurhayati, Pembelajaran learning cycle 7Eterhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains sisw, Jurnal Pendidikan Kimia ISSN NO 2252-6609.2012, Semarang: UNNES, 2012
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011
Brady, James, Kimia Universitas Asas dan Struktur, Jakarta: Bina Rupa Aksara, 1999
Darmodjo, Hendro & Jenny R.E. Kaligis, Pendidikan IPA II, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.
Hikmah, Nur Fitri, Pengaruh Penggunaan Web Pada Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik
Sains Siswa (skripsi), Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Oxtoby, dkk., Prinsip-prinsip Kimia Modern Jilid 1.(Terjemahan Suminar). Jakarta: Erlangga (Buku asli diterbitkan tahun 1986), 2001.
Pujiadi, Anna, Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Maknun, Liliasari, Beny, et.al., Analisis Kemahiran Keterampilan Generik yang Dikembangkan Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Topik Kinematika Partikel, Jurnal Pendidikan Teknologi UPI. Bandung: INVOTEC, 2008.
Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: PT Remaja
Rosdakarya, 2006.
Mulyatingsih, Endang, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Petrucci, General Chemistry Principle & Modern Applications, Canada: Person Education, 2007.
Rahadi, Aristo, Media Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004.
Rahman, T., Nuryani, Y.R., Nana, S.S., et al., Program Pembelajaran Praktikum Berbasis Kemampuan Generik (P3BKG) dan Profil Kemampuan. Pendidikan Sains, 2009.
Rahman, Taufik, Profil Kemampuan Generik Awal Calon Mahasiswa dalam Membuat Perencanaan pada Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi, 2006.
Rais, El Heppy, Kamus Ilmiah Populer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Saptorini, Peningkatan Keterampilan Generik Sains Bagi Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 2 No.1.2008. Semarang: UNNES. 2008.
Sudarmin, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kimia Terintegrasi Kemampuan Generik Sains. Jurnal Varia Pendidikan Kimia UNNES Vol.24 No.1.Juni 2012, Semarang: UNNES, . 2012.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Grafindo, 1999.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sukardjo, Evaluasi Pembelajaran Sains, Yogyakarta: UNY Program S2, 2010.
Sunyono, Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa Berorientasi Keterampilan Generik Sains Pada Materi Kesetimbangan Kimia [Versielektronik]. Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia. Solo, Maret 2010, 2010.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.
Wonorahardjo, Surjani, Dasar-dasar Sains, Jakarta: Indeks Jakarta, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.