Analisis Swot Kurikulum Prodi PGMI Menyongsong Pembangunan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2038 Yang Bervisi Integrasi-Interkonektif
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.9058Keywords:
Trecer Study, Kurikulum, SWOT, Integrasi-InterkonektifAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan data lulusan prodi PGMI yang terserap di dunia kerja dan industri at au tempat lulusan bekerja, baik di level S-1 dan S-2. Selain itu, untuk membuat Ana/isis SWOT pengembangan Kurikulum Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; dan menemukan kelebihan serta kekurangan kurikulum sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah Mixmetode Sequensial Explanatory, dengan dua tahap (kualitatif, dan kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan prodi PGMI S-1 dan S-2 terserap pada dunia kerja sebesar 92 %, dan sisanya 8% sebagai IRT (ibu rumah tangga) ataupun pada mas a panggilan kerja. Perkembangan prodi PGMI terbagi atas 5 tahap, yaitu tahap peletakan manajemen kelembagaan modern, mas a penguatan & ekspansi kelembagaan, masa maturasi, masa eksistensi, oleh basis keilmuan PGMI; bahan ajar standar PGMI; buku wajib untuk MI; kurikulum Sl, S2, dan S3; seminar nasional dan internasional; Iomba karya ilmiah; pelatihan penelitian; penulisan di media massa; data-based tentang MI.
Downloads
References
Al-syaibany, Omar Mohammad Al-Thoumy, Falsafah Pendidikanislam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Ard1e, Geri Me, Instructional Design for Action Learning, Printed in the United States of America, New York, 2010.
Bachri, Bachtiar S., Implementasi Pengembangan Content Curriculum dalam Proses Perencanaan Pembelajaran, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.1 0 No.2, Oktober 2010 (1-11)
Darbyshire, Paul, Instructional Technologies: Cognitive Aspects of Online Programs, IRM Press, United States of America, 2005.
Dewajani, Sylvi, Konsep Pengembangan Kurikulum Bertolak Ukur Kompetensi di Pendidikan Tinggi, Yogyakarta, 2012 Makalah Dikti.
Fauzi, Ahmad, Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi komparatif di Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang), Tesis, Pasca Sarjana UIN Malik Ibrahim Malang 2010.
Ghony, M. Djunaidi, Studi Kasus PerkembanganKurikulum Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel di Malang 1960- 1995, Disertasi, Program Parscasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2005.
Goltom, Monika, Model Evaluasi Reflektif Kurikulum Rumpun Mat a Kuliah Keahlian Pendidikan Bahasa dalam Pengembangan Karakter Bangsa (Nasionalisme), Desertasi, Pasca Sarjana UNY, 2013.
Hasan,S. Hamid, Evaluasi Kurikulum, Bandung, PT. Rosda, 2009.
Hidayat, Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung, PT.Remaja Rosdakarya, 2013.
Hamid, Hamdani, Bandung, CV. Pustaka Setia, 2012.
Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Rosda, 2011.
________ , Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Rosda, 2007.
Keppell, Michael J., Instructional Design: Case Studies in Communities of Practice, Hong Kong Institute of Education, Hong Kong, 2007.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor: 1 08/Dikti/Kep/200 1 Tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan/atau Jurusan Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan N asional Nom or 234/U/2000 Tentang Pendirian Perguruan Tinggi
Kouwenhoven, Wim., Competence-Based Curriculum Development in Higher Education, Jumal, some African experiences. 2003.
Marsh, Colin J., Key Concepts For Understanding Curriculum, London and
New York, Routledge Falmer, 2004.
Mu'tasim, Rajasa, dkk. Kurikulum Kajian dan Antologi Buku 1, Yogyakarta, Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, Jakarta, Bumi Aksara, 1995.
Nuryatno, M. Agus., Pengembangan Prodi PGMI FITK Sunan Kalijaga Yogyakarta (2014-2038), Hotel Sheraton, 08 Februari 2014. PPT Raker Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Peters, Laurence, Global Education: Using Technology to Bring the World to Your Students, Printed in the United States of America, Washington, DC, 2009.
Ra'uf. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dharma Bhakti. 2005.
Rozak, Abdul, Standarisasi Mutu Kelembagaan Program Studi PGMI: Upaya Mengejar Kesetaraan, Seminar Nasional "Penguatan dan Kesejajaran Pendidikan Guru MI (PGMI) dengan Pendidikan Guru SD
(PGSD)". Salatiga, 30 Nop- 2 Desember 2013.
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: PT. Kencana,2013.
Sailah, Illah., Iwan Kunaifi dkk., Panduan Pengembangan Dan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Dan Pendidikan Berbasis Capaian (PBC), Jakarta: Kemendikbud, 2012.
Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, cet. ke-3, Jakarta: Kencana, 2013.
Spencer, Lyle M. and Signe M. Spencer, Competence at Work: Model for Superior Performance. New York. Printed in the United States of America, 1993.
Suryono, Djoko, "Kurikulum PGMI Beracuan Kerangka Kualifikasi N asional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), dan Kurikulum 2013", Hand Out Seminar N asional UIN Malang 2013.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung, PT. Rosdakarya, 2012.
Sukardjo, Evaluasi Pembelajaran Sains, Yogyakarta: UNY. 2010.
Sukiman, Kurikulum Pendidikan Tinggi Islam (Studi tehadap Desain dan Implementasi kurikulum jurusan Pendidikan Agama Islam (PAl) Fakultas tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Disertasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2010.
________ , Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik di Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Fakultas Ilmu dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: PT. Alfabeta. 2007.
TIM. Dikti, Buku KBK DITJEN DIKTI, Jakarta, 2009.
TIM. BSNP, Standar lsi Pendidikan Tinggi. Jakarta, 2009.
TIM. Evaluasi diri Akreditasi Prodi PGMI FTK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.