Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Pendidik Terhadap Motivasi Belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.9072Keywords:
Student perceptions, educator pedagogic competence, and science learning motivationAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal (sebab akibat). Teknik pengumpulan data utama menggunakan metode angket. Sebagai pendukung data utama menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dilanjutkan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,925 > 1,687), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Downloads
References
Amaruddin, Zen, Statistik Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2010.
Budiyono, Statistika untuk penelitian, Surakarta: UNS Press, 2009.
Daryanto, Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja: Pendidik Profesional,Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Hartono, SPSS 16,0: Analis Data Statistika dan Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Musfah, Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Mulyasa, E, Menjadi Pendidik Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
_________, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Pendidik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Nisbah, Faizal, Hakikat IPA, Semarang: Aneka Ilmu, 2013.
Rohmah, Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.
Saefullah, U, Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.
Santosa, Purbayu Budi dan Ashari, Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS, Yogyakarta: Andi, 2012.
Bhari Djamarah, Syaiful, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, 2010.
Siswanto, Victorianus Aries, Belajar Sendiri SPSS 22, Yogyakarta: Andi, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung:Alfabeta, 2013.
_______, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi, Bandung: Alfabeta, 2014.
Z, Mulyana A, Rahasia menjadi pendidik hebat: Memotivasi Diri menjadi Pendidik Luar Biasa, Jakarta: PT Grasindo, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.