Pengaruh Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta

Authors

  • Siti Aminah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fitri Yuliawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.126

Keywords:

Metode SAS, dan Kemampuan Membaca Permulaan.

Abstract

Kemampuan membaca siswa di sekolah tingkat sekolah dasar (SD/ MI) saat ini memiliki kecenderungan yang rendah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan anak yang mengalami kendala terkait kemampuan membaca permulaan kelas 1 di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan yakni dengan menggunakan metode SAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 1 di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta.

Desain penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas I berjumlah 155 orang, teknik sampel menggunakan Cluster sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes membaca secara lisan. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji-t, dan uji normalized gain (N-gain).

Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat pengaruh pembelajaran membaca permulaan menggunakan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik), hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji t dengan pengambilan keputusan menujukan taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = (0,05), yang artinya Ha diterima sehingga terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan membaca permulaan kelas eksperimen dan kontrol. Peningkatan nilai N-gain sebesar 0.83 dengan klasifikasi tinggi. Hal ini membuktikan penggunaan Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca permulaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, Munawaroh Eprilia, dan Ana Fitrotun Nisa, “Strategi Mengusik (Mengeja dengan Musik) Sebagai Cara Cepat Belajar.” Albidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 8, no. 2 (2016): 180–95.

Chaer, Abdul, Kesantunan Berbahasa, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Eliastuti, Maguna, dan Nur Irwansyah, “Keefektifan Membaca Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Yang Kesulitan Membaca”, Deiksis 10, no. 01 (9 Maret 2018): 33–42, http://journal.lppmunindra.ac.id/ index.php/Deiksis/article/view/2265.

Hidayah, Nurul, dan Novita Novita, “Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas II C Semester II di MIN 6 Bandar Lampung T.A 2015/2016”, Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 3, no. 1 (20 Juli 2017): 85–102. http://ejournal. radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1331.

Jatyanti, Etik. Wawancara dengan Guru Kelas 1 SD Mujammadiyah Kleco, di Ruang Perpustakaan SD Muhammadiyah Kleco 1 Kotagede Yogyakarta, 5 November 2017.

Kurniaman, Otang, dan Eddy Noviana, “Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 79 Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (13 Desember 2016): 149–57. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/ article/view/3705.

Rachmanah, Andhika. “Literasi Kita dan Miskinnya Buku.” User Story, 12 September 2017. https://kumparan.com/andhika-rachmanah-ayahfatimahandianipuspa/ literasi-kita-dan-miskinnya-buku-1505192071012.

Slamet, Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Disekolah Dasar, Surakarta, Jawa Tengah: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT UNS Press, 2007.

Solchan, dkk., T.W., Pendidikan Bahasa Indonesia di SD, 20 ed, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Wassid, Iskandar, dan Dadang Sunendar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Aminah, S., & Yuliawati, F. (2024). Pengaruh Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.126