Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.170Keywords:
Pembelajaran Tematik, Pendidikan Kearifan Lokal, Anak Usia Sekolah DasarAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hakikat pembelajaran tematik; (2) Langkah-langkah pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal; (3) Hakikat pendidikan kearifan lokal dalam lingkup pembelajaran tematik; (4) Tujuan dan pentingnya pendidikan kearifan lokal dalam lingkup pembelajaran tematik; serta (5) Pengajaran model tematik berbasis kearifan lokal. Artikel ini merupakan penelitian analisis konten/meta analisis yang dilaksanakan melalui lima tahap, yaitu: (1) Pengumpulan data; (2) Penentuan sampel; (3) Pencatatan data; (4) Reduksi; dan (5) Penarikan kesimpulan. Sumber data dalam artikel ini adalah jurnal dan buku yang berkaitan dengan pembelajaran tematik dan pendidikan kearifan lokal. Selanjutnya, objek penelitian adalah proses adaptasi dan kaitannya dengan urgensi kearifan lokal dalam menjawab tantangan zaman. Kesimpulan artikel menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran tematik menggunakan tema-tema sebagai objek pembelajarannya; (2) Langkah-langkah model pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal diantaranya guru terlebih dahulu membuat RPP, kemudiaan mesisipkan kearifan lokal pada konten materi; (3) Kearifan lokal dalam lingkup model pembelajaran tematik adalah nilai kebaikan yang terkandung dalam kebudayaan sebagai upaya mempertahankan identitas diri anak: (4) Tujuan dan pentingnya pendidikan kearifan lokal dalam lingkup pembelajaran tematik diantaranya untuk mempersiapkan generasi muda yang tanggap akan keunggulan lokal daerahnya; (5) Pengajaran model tematik berbasis kearifan lokal ini akan menjadi koneksi dalam memahamkan anak untuk bertindak tepat dalam menghadapi tantangan global.Downloads
References
Agung S, Leo. The Development Of Local Wisdom-Based Social Science Learning Model With Bengawan Solo As The Learning Source, American International Journal Of Social Science, Vol. 4, No. 4, 2015.
Ahmal. Kearifan Lokal Dan Pendidikan Ips: Studi Peduli Lingkungan Dalam Hutan Larangan Masyarakat Adat Kampar, Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 4 (1), 2017.
Apriliya D, Rista. Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Ips Di Sdn Duduklor Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 2016.
Bakhtiar, Dian. “Bahan Ajarberbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Stm (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika, Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 1,” 2016.
Dahliani Dkk. “Local Wisdom In Built Environment In Globalization Era, International Journal Of Education And Research, Vol. 3, No. 6,” 2015.
Ediana L, Asep. Pembelajaran Tematik Dalam Kajian Teoritik Dan Praktik. Jakarta: UIN, 2012. “(file:///C:/Users/ACER/Downloads/sss155_slide_meta_analisis.pdf),” t.t.
Harsojo, Ali. “Membangun Karakter Berkearifan Lokal Dalam Bingkai Pendidikan Persekolahan, Vol. 4, No. 1,” 2013.
“Https://Www.Google.Com/Search?Hl=Inid&Source=Androidbrowser&Ei=Pkflwsbnj8rwvgt_Loioca&Q=Kasus+Diklaim+Nya+Budaya+Indonesia&Oq=Kasus+Diklaim+Nya+Budaya+Indonesia (Tempo.Co),” t.t.
Ika Nurani, Dkk. “Elsii Learning Model Based Local Wisdom To Improve Students Problem Solving Skills And Scientific Communication, International Journal Of Education And Research, Vol. 5 No. 1,” 2017.
Indriani, Fitri. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada Pengajaran Micro Di Pgsd Uad Yogyakarta, Jurnal Kependidikan, Vol. 2, No. 2, t.t.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung, 2013.
Moh. Farid Nurul Dkk. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas Iv Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku, Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No.10, 2017, t.t.
Mukminan. “Perspektif Teori Dan Praktik Implementasi Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal. (Makalah Semnas Univ. Samawa Sumbar),” 2011.
Musanna, Al. “Artikulasi Pendidikan Guru Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mempersiapkan Guru Yang Memiliki Kompetensi Budaya, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 18, No. 3,” 2012.
Nadlir. “Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 02, No. 02,” 2014.
Nafia Wafiqni, M.Pd adalah Dosen Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (email: nafia.wafiqni@uinjkt.ac.id), t.t.
Novianto, Anwar. “Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, Dan Authentic Assessment Sekolah Dasar, Jurnal Kependidikan, Vol. 45, No. 1,” 2015.
Nuraini A. “Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, Vol. 3, No. 2,” 2012.
Oktaviani, Srikandi. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar , Vol. 9 No. 2,” 2017.
Puspita, Hendra Jati. “Implementation Of Integrated Thematic Learning In Class Vb Sd Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 9,” 2016.
Ridwanudin, Dindin. Bahasa Indonesia. Jakarta: Uin Press, t.t.
Rukiyati, Dkk. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar Di Bantul Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Karakter, No. 1,” 2016.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada, 2010.
———. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua,. Jakarta: Rajagrafino Persada, 2012.
Salimi, Moh. Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Era Mea. Seminar Nasional Pendidikan, 2016.
Setyaningrum, Lis. “Manajemen Kelas Berbasis Kearifan Lokal Di Sd Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta, Skripsi Pada Universitas Muhammadiyah Surakarta,” 2017.
Siti Nurani, S.Pd adalah Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tangsel. (email: sitinurani64@gmail.com), t.t.
Sriyatin. Penanaman Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal Di Sdn Dersono Iii Pacitan. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah: Surakarta, 2013.
Subekti, Ari. Daerah Tempat Tinggalku-Edisi Revisi Buku Guru Kelas Iv. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017.
Sularso. Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2, No. 1, 2016.
Suswandari. “Pemahaman Sejarah, Budaya Dan Kearifan Lokal Etnik Betawi Pada Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Dki Jakarta, Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah,” 2016.
Suyitno, Imam. “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal, Jurnal Pendidikan Karakter, No. 1,” 2012.
Trianto. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta, 2010.
Unga Utari Dkk. “Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea), Vol.1, No.1,” 2016.
Yanti H. Pembelajaran Tematik Mengggunakan Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Otentik Untuk Mendukung Implementasi K13. Jakarta: Uin Press, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Al Bidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam is openly accessible which means that all available content is freely accessible at no charge, either to the user or to his or her agency.
Users who are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or submit to the full text of the article should not seek permission from publishers or authors first with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.