Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Siswa Tunanetra di MAN 2 Sleman
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-03Keywords:
Difficulty Factor Analysis, Learning Arabic, BlindAbstract
This study aims to determine the difficulty factors experienced by blind students in learning Arabic and the efforts that must be made to address these difficulties in MAN 2 Sleman Yogyakarta. The existence of this research is expected to be able to provide additional new knowledge to all parties involved in learning Arabic. The results showed that the learning process of Arabic blind students in MAN 2 Sleman Yogyakarta, in general, was the same as learning in madrasas in general. The factors of Arabic language learning difficulties experienced by blind students in MAN 2 Sleman, namely, First: Linguistic difficulties include sound (phonological), meaning (semantic), sentence structure (syntax), and difficulty in writing Arabic using braille letters. Second: Non-Linguistic Difficulties: Lack of motivation, lack of teacher understanding of braille, lack of innovation in learning methods, and difficulties due to minimal facilities. Efforts are being made to overcome these difficulties, namely, Madrasas: providing facilities, such as books or dictionaries based on braille, braille printers. Teachers: innovating learning methods to make it more interesting for students to learn blind. Blind students: more communicative to the teacher and adaptive to the learning environment in the classroom.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan yang dialami siswa tunanetra dalam belajar bahasa Arab dan upaya yang harus dilakukan untuk mengtasi kesulitan-kesulitan tersebut di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan baru kepada semua pihak yang berkecimbung dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab siswa tunanetra di MAN 2 Sleman Yogyakarta secara umum sama seperti pembelajaran di madrasah pada umumnya. Adapun faktor kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami siswa tunanetra di MAN 2 Sleman yaitu, Pertama: Kesulitan Linguistik mencakup tata bunyi (fonologi), arti (semantik), tata kalimat (sintaksis), dan kesulitan dalam menulis Arab menggunakan huruf braille. Kedua: Kesulitan Non-Linguistik : Kurangnya motivasi, kurangnya pemahaman guru tentang huruf braille , kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran, dan kesulitan karena fasilitas yang masih minim. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut yaitu, Pihak madrasah: menyediakan fasilitas, seperti buku atau kamus berbasis braille, printer braille. Guru: melakukan inovasi metode pembelajaran agar lebih menarik minat belajar siswa tunanetra. Siswa tunanetra: lebih komunikatif kepada guru dan adaptif terhadap lingkungan pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Analisis Faktor Kesulitan, Belajar Bahasa Arab, Tunanetra
Downloads
References
Al-Quran Terjemahan. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah, 2015.
Arraid, M. Salwa, Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Astuti, Saputri Dwi, Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Tunanetra Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta TahunAjaran 2009/2010, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2010.
Asyrofi, Syamsuddin, Metodologi Pembelajaran bahasa Arab, Yogyakarta: Idepress, 2010.
Cahyani, Afiyah, Siswa Tunanetra MAN 2 Sleman, Wawancara Pribadi, Yogyakarta, 11 Sepetember 2019.
Efendi, Mohammad, Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Fayeza Camalia, Pengembangan AudioBook Dilengkapi Alat Peraga Materi Getaran Dan Gelombang Untuk Tunanetra Kelas VIII SMP, Unnes Physics Education Journal 5 (2), 2016.
Hamdani, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Tunanetra Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Kelas XI IPS MAN Maguwoharjo Yogyakarta, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Handoyo, Rendi Ros, Pengembangan Komunikasi Anak Tunanetra Dalam Permainan Kooporatif Tradisional, Pendidikan Luar Biasa pascasarjana UNY.
Hidayat, Sarif Nandang, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1), Juni 2012.
Muharromah, Siti, Penggunaan Bahasa Pada Anak Tunanetra: (Pengamatan terhadap Anak Tunanetra melalui Proses Penalaran dalam Kegiatan Tari di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin), Jurnal DEIKSIS Vol 08 No. 06 2016.
Nurlaili, Khiriyya, Efektivitas Metode Pembelajaran Bahsa Arab Berbasis Inklusi Bagi Siswa Tunanetra Kelas X Di MAN Maguwoharjo Tahun Ajaran 2010/2011, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Observasi, Magang 3, 27 Oktober 2018.
Pemerintah Indonesia, Undang-undang No. 14 Tahun 2005 yang mengatur tentang kompetensi guru. Lembaran Negara RI Tahun 2005, Sekretariat Negara, Jakarta. 2005.
Prasetningtyas, Desty, Implementasi Media Braille Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas VIII MTs Yaketunis Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Somantri, Sutjihati, Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Rafika Aditama, 2006.
Udayaningtyas, Amanda, Siswa Tunanetra MAN 2 Sleman, Wawancara Pribadi, Yogyakarta, 11 Sepetember 2019.