Utilization of the Zoom Application in Improving Arabic Speaking Skills (Mahārah Kālam) during the Covid-19 Pandemic/ Pemanfaatan Aplikasi Zoom dalam Meningkatkan Mahārah Kālam pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Ngindana Zulfa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/edulab.2021.62.02

Keywords:

Arabic Language, Arabic speaking skills (Mahārah Kālam), Zoom Cloud Meeting

Abstract

The COVID-19 outbreak arises problems in learning Arabic. Some instructors feel they spontaneously do not require the language environment (bi'ah lughawiyyah) in the teaching and learning process. This obviously has such a broad impact on the four language skills and one of the biggest challenges for them is that they could not teach Arabic speaking skills communicatively. This study aims to offer a considerable insight about the use of Zoom Cloud Meetings in improving Arabic speaking skills (mahārah kālam) during the pandemic. The study used qualitative descriptive methods and the data were collected through interviews and documentation. The data were analyzed using the theory of Miles and Huberman. Based on the review of results of interviews and documentation, Zoom Cloud Meeting is an effective way to improve students’ speech as it provides complete features so that communication between lecturers and students using Arabic can be established properly. To improve these skills, storytelling (taqdimul qisshah) and conversation (muhadatsah) are practiced. As a learning medium, Zoom certainly has advantages and disadvantages. The benefits of this media include having complete features, good access, large, flexible, and high capacity and supporting the teaching and learning process. While the drawbacks of using zoom application are the extra financial burden for internet quota, media restrictions, and having a strong internet connection.

Abstrak

Kehadiran virus Covid-19 memunculkan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab. Beberapa pendidik merasa kehilangan bi’ah lughowiyyah pada proses belajar mengajar. Hal ini mengakibatkan empat keterampilan bahasa, khususnya keterampilan berbicara tidak dapat terealisaikan dengan maksimal. Artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pendidik tentang pemanfaatan Zoom Cloud Meeting dalam meningkatkan mahārah kālam pada masa pandemi. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini adalah teori Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi, Zoom Cloud Meeting dinilai efektif dalam meningkatkan mahārah kālam mahasiswa. Hal ini dikarenakan Zoom menyediakan fitur-fitur yang lengkap, sehingga komunikasi antara dosen dan mahasiswa dengan menggunakan bahasa Arab dapat terlaksana dengan baik. Metode yang digunakan dalam meningkatkan mahārah kālam adalah metode taqdimul qisshah dan muhadatsah. Sebagai media pembelajaran, Zoom memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari media tersebut adalah tersedinya fitur-fitur yang lengkap dan mendukung proses belajar mengajar, kapasitas ruang yang besar, fleksibel, dan kapasitas akses yang tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah borosnya kuota internet, pembatasan media dan harus terhubung dengan jaringan internet yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalina, Nurul Hidayatul, and Muhammad Nashirudin. “Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab pada Tingkat Tsanawiyah di Pondok Pesantren Ta’Mirul Islam.” Jurnal Tatsqif 15, no. 2 (2017): 173–90. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.7.

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak Publisher, 2018.

Arif, Muh. “Metode Langsung (Direct Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) 4, no. 1 (February 23, 2019): 44–56.

Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (June 30, 2020): 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344.

Cholily, Yus Mochamad, Windy Tunas Putri, and Putri Ayu Kusgiarohmah. “Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 2019, 192.

Firman. “Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi.” Bioma 2, no. 1 (2020): 14–20.

Hamid, Abdul, and Uril Baharuddin. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi Dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Haqien, Danin, and Aqiilah Afiifadiyah Rahman. “Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511.

Harianto, Erwin. “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 9, no. 1 (February 9, 2020): 1–8.

Herawati, Tuti, Bambang Gulyanto, and Nila Sudarti. “Penerapan Apalikasi Zoom Pada Materi Keterampilan Berbicara Mahasiswa Bahasa Indonesia.” Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan, no. 0 (October 16, 2020). http://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/1528.

Hilmi. “Metode Inovatif Pembelajaran Mahārah Kālam.” Jurnal Intelektualita 10, no. 1 (2021): 180–92.

Jubaidah, Siti. “Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Arab di Pondok Modern Gontor di Darul Ma’rifat Gurah Kediri Jatim.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2015. https://doi.org/10.21009/parameter.272.09.

Lestari, Vivi Umiya;, and Dkk. “Meningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Melalui Media Audio Visual VCD Pada Anak Kelompok B PAUD Dharma Wanita Kabupaten Bengkulu Tengah.” Jurnal Ilmiah Potensia 2, no. 2 (2017): 139–46.

Monica, Junita, and Dini Fitriawati. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi 9, no. 2 (2020): 1630–40. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416.

Muna, Elwi Nailul, I Nyoman Sudana Degeng, and Fattah Hanurawan. “Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4, no. Nomor: 11 Bulan Novembe (2019): 1557—1561.

Muradi, Ahmad. “Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 1 (n.d.): 2014.

Musthofa, Tulus, and Faiq Ilham Rosyadi. “Actualization of Behavioral Theory in Learning Arabic Speaking Skills at the Madrasah Aliyah Level.” Universal Journal of Educational Research 8, no. 12A (2020): 7343–49. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082518.

Putra, Nugraha Permana. “Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom dan Whatsapp Group di Era New Normal pada Warga Belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani.” Jipsindo 7, no. 2 (2020): 162–76. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939.

Ridho, Ubaid. “Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh 20, no. 01 (June 24, 2018): 19–26. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124.

Rukajat, Ajat. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Sleman: Deepublish, 2018.

Sukartono. “Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan di Indonesia.” FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018, 1–21.

Syahid, Ahmad Habibi. “Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab pada Siswa Non-Native).” ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2, no. 1 (2015): 86–97. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1797.

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Ngindana Zulfa. (2021). Utilization of the Zoom Application in Improving Arabic Speaking Skills (Mahārah Kālam) during the Covid-19 Pandemic/ Pemanfaatan Aplikasi Zoom dalam Meningkatkan Mahārah Kālam pada Masa Pandemi Covid 19. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(2), 125–142. https://doi.org/10.14421/edulab.2021.62.02

Issue

Section

Articles