Peningkatan Keterampilan Kitabah Melalui Khat Riq’ah dengan Manhaj Hamidi di Sekolah Kaligrafi AL-Qur’an (SAKAL) Jombang
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.04Keywords:
Khat Riq'ah, Maharah Kitabah, Manhaj Hamidi, SAKAL JombangAbstract
This study aims to determine the skills of the kitabah through khat riq'ah with manhaj Hamidi. This study uses a qualitative approach. This type of research is field research conducted at the Al-Quran Calligraphy School (SAKAL) in Jombang, East Java. The data sources in this study were SAKAL students and teachers. Data collection techniques using observation, documentation, and interviews. The data obtained were classified and analyzed by descriptive method. For the presentation in the form of descriptive narrative. The results of this research indicate that: First, learning the book through khat riq'ah with manhaj Hamidi aims to realize a pesantren-based madrasa education model, as well as fostering students' skills, morals, intellectuals and spirituality, and building abilities, especially in the field of Al-Qur'an calligraphy. In the process of learning khat Riq'ah, two guide books/Kurrasah were used, including Kurrasah Yusuf Dzannun and Muhammad Izzat. Second, its application in learning begins with giving an example of one point from the teacher to the student, then a colon, the basic letter (ا-ب-م-ي-ق-ص-هـ-ج) followed by the letter mustakhrajat (د-ر-س-ض-ع-ف-ك-لا) after all the letters are finished, continue with murajaah or repeat all the letters that have been learned in one deposit. After the murajaah is finished, it is continued by imitating the sentences in the book. So that by using this method, students' book skills have increased significantly.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan kitabah melalui khat riq’ah dengan manhaj Hamidi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di Sekolah Kaligrafi al-Quran (SAKAL) yang berada di Jombang Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SAKAL. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh diklasifikasikan dan dianalisis dengan metode deskriptif. Untuk penyajiannya dalam bentuk deskriptif naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pembelajaran kitabah melalui khat riq’ah dengan manhaj Hamidi bertujuan untuk merealisasikan model pendidikan madrasah berbasis pesantren, serta pembinaan keterampilan, moral, intelektual dan spiritual siswa dan membangun kemampuan khususnya bidang kaligrafi Al-Qur’an. Dalam proses pembelajaran khat Riq’ah memakai dua buku panduan/kurrasah, diantaranya kurrasah Yusuf Dzannun dan Muhammad Izzat. Kedua, Penerapannya dalam pembelajaran diawali dengan pemberian contoh titik satu dari guru kepada murid, kemudian titik dua, huruf asasiyah (ا-ب-م-ي-ق-ص-هـ-ج) dilanjutkan dengan huruf mustakhrajat (د-ر-س-ض-ع-ف-ك-لا) setelah semua huruf selesai dilanjutkan dengan murajaah atau mengulang semua huruf yang telah dipelajari dalam satu kali setor. Setelah murajaah selesai dilanjutkan dengan menirukan kalimat yang ada di kitab. Sehingga dengan menggunakan metode ini, keterampilan kitabah siswa mengalami peningkatan secara signifikan.
Downloads
References
Athoillah. Pendapat Tentang Belajar Kaligrafi Dengan Khat Riq’ah Dalam Meningkatkan Maharah Kitabah., 2017.
Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (June 30, 2020): 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344.
Budiantoro, Feri. Pendapat Tentang Belajar Kaligrafi Dengan Khat Riq’ah Dalam Meningkatkan Maharah Kitabah., 2016.
Gontor. “Buka Bersama Pegiat Markaz Al-Khat Gontor Bersama Bapak Wakil Direktur KMI,” October 5, 2017. https://www.gontor.ac.id/berita/buka-bersama-pegiat-markaz-al-khat-gontor-bersama-bapak-wakil-direktur-kmi.
ByPesantrenDaQu. “Kisah Fauzan Firmansyah Meraih Ijazah Sanad Kaligrafi – Pesantren DaQu.” Accessed February 21, 2021. https://daqu.sch.id/2017/09/30/kisah-fauzan-firmansyah-meraih-ijazah-sanad-kaligrafi/.
Farhad, Zyk, and Mahfud Arif. Pendapat tentang belajar kaligrafi dengan Khat Riq’ah dalam meningkatkan maharah kitabah, June 2020.
“IJAZAH PROGRAMME : Arabic Calligraphy.” Accessed February 21, 2021. https://thebustankhat.sg/ijazah-programme/.
“Kelas Seni Khat (@kelassenikhat) • Instagram Photos and Videos.” Accessed February 21, 2021. https://www.instagram.com/kelassenikhat/.
Khajavi, M. J. Script in Motion:A Theory of Temporal Text-Based Art. Switzerland. Palgrave: Macmillan, 2019.
Khoiriyah, Hidayatul. “Metode Qirā’ah dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Menengah.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 10, no. 1 (August 27, 2020): 32–44.
Lawe, Shirley. Why Learn a Foreign Language?”. Issues in Modern Foreign Languages Teaching. London: RoutledgeFalmer, 2000.
Ni’mah, Khoirotun. “Implementasi Media Papan Mahir Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Maharoh Kitabah.” Jurnal Dar El-Ilmi 05, no. 02 (Oktober 2018).
Primaningtyas, Mega, and Cahya Edi Setyawan. “Urgensi Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0 | SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam,” April 7, 2020. http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/saliha/article/view/29.
Purnawan, Eka, and Luluk Safitri. Pendapat tentang belajar kaligrafi dengan Khat Riq’ah dalam meningkatkan maharah kitabah, June 2020.
Roisudin, Ayi Sisma. “Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Khat Al-‘Arabiy: Studi Kasus Di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.” Didaktika Religia 3, no. 1 (January 24, 2015): 177–96. https://doi.org/10.30762/didaktika.v3i1.157.
School, Calligraphic. “Sejarah Sakal - SAKAL JOMBANG.” Accessed February 21, 2021. http://sakalkaligrafi.blogspot.com/2010/03/arti-logo-sakal.html.
Thahir ibn Abd al-Qadir al-Kurdi al-Makki, Muhammad. Tarikh Al-Khat al-Araby Wa Adabihi. al-Thiba’a al-Awali, 1939.
U. Marks, Laura. “Calligraphic Animation: Documenting the Invisible.” Animation: An Interdisciplinary Journal 6, no. 3 (2011). https://doi.org/10.1177/1746847711417930.
Hamidionline. “Ustadz Belaid Hamidi; Pencetus Manhaj.” Accessed February 8, 2021. http://hamidionline.net/ustadz-belaid-hamidi/.
wafa, and Masrur. Pendapat tentang belajar kaligrafi dengan Khat Riq’ah dalam meningkatkan maharah kitabah, June 2020.
Yusuf, Dzannun. “Durus Wa Qawaid Khat Riq’ah.” Al-Nabras: Muassasah Dar al-Kutub Li al-Tiba’ah Wa al-Nasyr 4, no. 9 (1973).