Media Experiments with Jumping Word Circles in Improving Arabic Vocabulary Learning for Class IV MI Muhammadiyah Sribit
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.06Keywords:
Game Media, Word Jump Game, Mastery of Arabic Vocabulary, MI Muhammadiyah SribitAbstract
Mastery of Arabic vocabulary is the main key to success in learning Arabic. By using media as a bridge in distributing material, it will change the mindset of students who think learning Arabic is difficult to understand. At MI Muhammadiyah Sribit, the conventional Arabic learning process inspired researchers to conduct experimental research on the use of word hoop game media to know the differences in students' Arabic vocabulary mastery between the experimental class and the control class. This study uses a quasi-experimental research type with a quantitative approach. The research subjects were students of class IV A as the experimental class and students of class IV B as the control class. The process of collecting data using test results, observations, and interviews was then analyzed using the paired-sample t-test and independent-sample t-test with the help of SPSS. From the results of the study, it was found that the results of the application of game media in learning Arabic can improve students' vocabulary mastery. Based on the results of the independent sample t-test, the posttest significance value in the experimental class was 0.008 < 0.05, and the posttest value in the control class was 0.009 < 0.05. So it can be concluded that there is a significant difference between the mastery of Arabic vocabulary for the experimental class and the control class.Abstrak: Penguasaan kosa-kata bahasa Arab merupakan kunci keberhasilan utama dalam belajar bahasa Arab. Dengan menggunakan media sebagai jembatan dalam menyalurkan materi akan mengubah pola pikir peserta didik yang menganggap pembelajaran bahasa Arab sulit untuk dipahami. MI Muhammadiyah Sribit dalam proses pembelajaran bahasa Arab yang masih konvensional menginspirasi peneliti untuk melakukan penelitian eksperimen penggunaan media permainan melompat bulatan kata dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosa-kata bahasa Arab peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV B sebagai kelas kontrol. Proses pengumpulan data dengan menggunakan hasil tes, observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggukan uji paired sample t test dan independent sample t test dengan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa hasil dari penerapan media permainan dalam pembelajaran bahasa arab dapat meningkatkan penguasaan kosa-kata peserta didik. Berdasarkan hasil uji independent sample t test diperoleh nilai signifikasi posttest pada kelas eksperimen sebesar 0.008 < 0.05 dan nilai posttest pada kelas kontrol 0.009 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan ksoa-kata bahasa Arab peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.
.
Downloads
References
Anantha, Md Dhiah Dewi, Kt Pudjawan, and Ni Md Setuti. “Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Meloncat Bulatan Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD.” MIMBAR PGSD Undiksha 1, no. 1 (January 8, 2013). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.921.
Anshor, Ahmad Muhtadi. Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.
Djuanda, Dadan. “Belajar Bahasa Indonesia Sambil Bermain.” mimbar-pendidikan 71 (2006). http://jurnal.upi.edu/mimbar-pendidikan/view/371/belajar-bahasa-indonesia-sambil-bermain.html.
Khailullah, M. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, n.d.
Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka An Nur, 2017.
Machmudah, Umi, and Abdul Wahab Rosyidi. Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Mardiah, Mardiah. “Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 1, no. 1 (July 16, 2015): 61–77. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v1i1.33.
Mujib, Fathul, and Nailur Rahmawati. Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
Mustofa, Bisri. Abdul Hamid, Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2012.
Noor, Juliansyah. Metodelogi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Observasi di Kelas IV MI Muhammadiyah Sribit, 2020
Prasetyo, Bambang, and Lina Miftahul Jannah. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Rosyidi, Abdul Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suharso, Puguh. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofis Dan Praktis. Jakarta: PT. Indeks, 2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.