2558

Views

3907

Downloads

Original article
Open Access

Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini

Lusi Marlisa
Pages: 25-38
|
Published: Jul 5, 2018

Main Article Content

Abstract

Pada program pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini dapat berubah ubah setiap tahunnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh zaman, dimana pada dewasa ini program dari pembelajaran anak usia dini sendiri lebih mengedepankan dan menekankan pada nilai akademis terutama pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung dibandingkan mengembangkan sosial dan emosi anak. Ditambah dengan pandangan orang tua yang rasional, menganggap bahwa output anak yang bersekolah pada jenjang taman kanak kanak harus diajarkan dengan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung sehingga anak memiliki kesiapan baik dalam bentuk fisik dan psikologis  untuk melanjutkan pada pendidikan lebih lanjut.

Keywords:

Calistung Tuntutan Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Marlisa, L. (2018). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 25–38. https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-03

References

Amitya Kumara, dkk, Kesulitan Berbahasa Pada Anak: Deteksi Dini dan Penanganannya, Yogyakarta: Kanisius, 2014.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Th 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Farida Rahim, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Firmanawaty Sutan, Tiga Langkah Praktis Menjadikan Anak Maniak Membaca, Jakarta: Puspa Swara, 2004.

Http://id.scribd.com/doc/98765771/Surat-Edaran-Dikdasmen-No-1839-Tahun-2009

Hamzah B. Uno, Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Igrea siswanto, Sri Lestari, Pembelajaran Atraktif dan 100 Permainan Kreatif, Yogyakarta: Andi.

John W. Santrock, Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas Jilid 1, Terj., Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti, Jakarta: Erlangga, 2007.

, Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas Jilid 2, Terj., Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti, Jakarta: Erlangga, 2007.

Janice J. Beaty, Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Terj., Arif Rahman, Jakarta: Kencana, 2013.

Mansyur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Masitoh,dkk, Strategi Pembelajaran TK, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Mouslichatoen, Metode Pengajaran Di taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Suzanne R. Gellens, Membangun Daya Pikir Otak: 600 Ide Aktivitas Untuk Anak Kecil, Jakarta: Indeks, 2004.