1514

Views

2428

Downloads

Original article
Open Access

Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD

Durotun Mumtazah
,
Lailatu Romah
Pages: 91-102
|
Published: Apr 1, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prinsip-prinsip Montessori dalam pembelajaran,  Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi prinsip Montessori dalam pembelajaran, Dampak menggunakan prinsip Montessori dalam pembelajaran terhadap perkembangan anak di Kelompok Bermain (KB) Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif. Subjek penelitian adalah pemilik KB, kepala KB, guru KB dan anak-anak KB Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran prinsip Montessori di KB Safa Islamic Preschool Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penilaian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Implementasi pembelajaran berbasis prinsip Montessori melalui lima area model pembelajaran Montessori yaitu area sensorial, area matematika, area ilmu pengetahuan dan kebudayaan, area bahasa dan area keterampilan hidup yang berjalan dengan sistem penggabungan lintas usia disetiap kelompoknya. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat, faktor yang mendukung di antaranya perencanaan dengan konselor pendidikan Montessori, pendidikan dan pelatihan Montessori, seluruh guru inti adalah sarjana. Faktor yang menghambat yaitu keterbatasan media pembelajaran, terjadinya pergantian guru, kurangnya pemahaman wali murid mengenai pembelajaran lintas usia. Ketiga, Dampak prinsip Montessori terhadap perkembangan anak adalah menjadi mandiri, kritris dan perkembangan sosial yang meningkat.

Keywords:

Impelementasi prinsip montessori Pembelajaran AUD

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Mumtazah, D., & Romah, L. (2019). Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 91–102. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-03

References

Fadlillah dkk. (2014). Edutainment PAUD Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarata : Kencana Prenadamedia Grup.
Fisher, A. (2008). Berfikir Kritis. Jakarta : Erlangga.
Gettman, D. (2016). Prinsip Pengajaran Montessori Tingkat Dasar Aktifitas Belajar untuk Anak Balita. Penerjemah : Anisa Nuriowandari. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Jaipul, J. R, dan James E. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini : Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta : Prenada Media Group.
Jihad, A dan Abdul, H.(2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Nielse, M. D. (2008). Mengelola Kelas untuk Pendidik TK : Petunjuk Perencanaan Kurikulum, Pengajaran Melalui Pusat Pembelajaran, dan Pengaturan Lain. Edisi ke 2 Penerjemah : Febrianti Ika Dewi. Jakarta : Indeks.
Montessori, M. (2015). Prinsip Montessori : Panduan Wajib untuk Pendidik dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Penerjemah : Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Paramita, V. D . (2017.) Jatuh Hati Pada Montessori Seni Mengasuh Anak Usia Dini. Yogyakarta : PT Bentang Pustaka.
Satori, D dkk. (2014). Profesi Kependidikan. Banten : Universitas Terbuka
Suyadi, dan Ulfa, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Undang-undang Republik Indonesia no 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Jakarta: Sinar Grafika.