1095

Views

5931

Downloads

Original article
Open Access

Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Roby Maulana Al Hakim
,
Lailatu Rahmah
Pages: 269-286
|
Published: Apr 2, 2019

Main Article Content

Abstract

Salah satu  kegiatan  yang  dapat  mengembangkan  kemampuan  fisik  motorik  anak  adalah  kegiatan  gerak  tari. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  mengetahui  apakah  kegiatan  gerak  tari dapat  mengembangkan  fisik  motorik  pada  kelompok  B  RA  DWP  UIN  Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak dalam kegiatan gerak tari.Penelitian   ini   merupakan   penelitian   kualitatif   yang   bertujuan   untuk menggambarkan  tentang  keadaan  di  tempat  penelitian  dengan  menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitian kelompok B RA DWP UIN  Sunan  Kalijaga  Yogyakarta. Metode  pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancrara. Analisis data secara reduksi data, display data dan verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil  dari  penelitian menunjukkan  bahwa  dalam  perkembangan  fisik motorik  melalui  gerak  tari  di  kelompok  B  RA  DWP  UIN  Sunan  Kalijaga Yogyakarta dapat  mengembangkan  fisik motorik anak, hal tersebut terbukti dari upaya guru dalam mengasah fisikmotorik anak,  memberikan  contoh,  membimbing,  mengarahkan  anak  serta  cara  guru memberikan  kata-kata  motivasi  yang  membangun. Faktor pendukung  dalam  pengembangan  fisik  motorik  yaitu sarana  dan  prasarana,  guru memberi    contoh,    musik,    peran    orang    tua, sedangkan faktor    penghambat    dalam pengembangan  fisik  motorik  anak  yaitu  kondisi  anak  yang  tidak  sehat  atau  tidak baik, dan berbarengan dengan kegiatan lainnya.

Keywords:

Fisik motorik Gerak tari RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Al Hakim, R. M., & Rahmah, L. (2019). Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 269–286. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-05

References

Alexy, P. & Hafianti, D. (2001). Ayo “Menari Pendidikan Seni Tari untuk Taman Kanak-Kanak hingga kelas 2 SD, Jakarta, Gasindo.
Ardy, Novan Wiyani, 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua dan Pendidikan PAUD dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini, Yogyakarta:Gaya Media
Emzir. (2012). Metode Penlitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta:Rajawali Press.
Ihsana, E. (2015). Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar
Kurniawati, A. (2014) ”Optimalisasi Dalam Menyebutkan Nama-Nama Rasul Melalui Gerak Tari Dan lagu 25 Nabi di TK ABA Aisyiyah Sucen I Kelompok B Tahun Ajaran 2013-2014”, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta.
Moeskichatoen. (2004). Meode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudiyati, Y.(2009). Bedoyo Purnamajati Karya KRTSaswintodipuro Ekspresi Seni Jagat Tari Yogyakarta. Yogyakarta: Cipta Media.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noorlaila, I. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD Kreatif Mendidik dan Bermain Bersama Anak. Yogyakarta: Pinus.
Nurfauziah, D. (2015). “Permainan Peran Sebagai Pengembangan Keterampilan Motorik Pada Anak (Studi Lapangan di TK An-Nur, Krapyak, Triharjo, Sleman, Yogyakarta)”. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Grafindo Litera Media.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tanggal 17 September 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Poerwodiminto. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pusat Pembinaan Bahasa. Depdikbud. Jakarta.
Pratisti, D, W. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks.
Rahyubi , H. (2012). Teori-teori belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.
Sudrajat, A. & dkk. (2008). Diinul Al Islam Pendidikan Ilam di Perguruan Tinggi. Yogyakarta UNY Press
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta
Suharsono & Retnoningsih A. (2005). Kamus Besar Bahasa Inggris. Edisi LUX, Semarang: CV Widyakarya
Sujiono, B. (2008). Metode Pengembangan Fisik, Jakarta :Universitas Terbuka
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Kemampuan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Suyadi & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakrya
Tugimin, H. & dkk. Kerajinan Tangan dan Keseian untuk SD/MI kelas II. Aneka Ilmu.
Yuhyi, F. M. (2007). 60 Permainan Kecerdasan Kinestetik. Yogyakarta, Gramedia Widiaswara.
Yusuf, S. L. N. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhtamar Latif Dkk. (2013). Orientsi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Groub.