992
Views
612
Downloads
Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menggambar Bentuk-Bentuk Geometri Bagi AUD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) Muria Cabak Tlogowungu Pati dan peningkatkan kemampuan kognitif bagi anak usia dini di KB Muria Cabak Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang diteliti adalah siswa KB Muria Cabak yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan komparatif. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus, yaitu: siklus I dan siklus II, dengan masing-masing empat tahap setiap siklusnya, yaitu: menyusun rencana tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), Pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil dari penelitian bahwa (1)kemampuan kognitif bagi anak usia dini di KB Muria Cabak Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 sebelum dilaksanakan tindakan (pra siklus) masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari 17 siswa, baru 6 siswa atau 35,29% yang termasuk dalam prestasi baik (Berkembang Sangat Baik dan Berkembang Sesuai Harapan). (2)penggunaan kegiatan menggambar bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif bagi anak usia dini di KB Muria Cabak Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dari: (a) Peningkatan kemampuan kognitif anak yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu: pada pra siklus baru sebesar 35,29%, siklus I menjadi 70,59% dan siklus II menjadi 94,12%. (b) Peningkatan nilai rata-rata kemampuan kognitif anak dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu: pra siklus sebesar 8,76 yang termasuk kategori Mulai Muncul (MM), siklus I meningkat menjadi 10,53 yang termasuk kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan siklus II rata-rata skornya meningkat lagi menjadi 12,35 dan termasuk kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Rahman Muzdalifah M. . 2011. Psikologi Perkembangan. Kudus: Nora Media Enterprise.
Sumiyati. 2014. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Cakrawala Institute./
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
LN, Syamsu Yusuf. 2000. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sujiono Yuliani, dkk.. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.