1095
Views
5931
Downloads
Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik anak adalah kegiatan gerak tari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kegiatan gerak tari dapat mengembangkan fisik motorik pada kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan fisik motorik anak dalam kegiatan gerak tari.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitian kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancrara. Analisis data secara reduksi data, display data dan verivikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam perkembangan fisik motorik melalui gerak tari di kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat mengembangkan fisik motorik anak, hal tersebut terbukti dari upaya guru dalam mengasah fisikmotorik anak, memberikan contoh, membimbing, mengarahkan anak serta cara guru memberikan kata-kata motivasi yang membangun. Faktor pendukung dalam pengembangan fisik motorik yaitu sarana dan prasarana, guru memberi contoh, musik, peran orang tua, sedangkan faktor penghambat dalam pengembangan fisik motorik anak yaitu kondisi anak yang tidak sehat atau tidak baik, dan berbarengan dengan kegiatan lainnya.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Ardy, Novan Wiyani, 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua dan Pendidikan PAUD dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini, Yogyakarta:Gaya Media
Emzir. (2012). Metode Penlitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta:Rajawali Press.
Ihsana, E. (2015). Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar
Kurniawati, A. (2014) ”Optimalisasi Dalam Menyebutkan Nama-Nama Rasul Melalui Gerak Tari Dan lagu 25 Nabi di TK ABA Aisyiyah Sucen I Kelompok B Tahun Ajaran 2013-2014”, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta.
Moeskichatoen. (2004). Meode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudiyati, Y.(2009). Bedoyo Purnamajati Karya KRTSaswintodipuro Ekspresi Seni Jagat Tari Yogyakarta. Yogyakarta: Cipta Media.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noorlaila, I. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD Kreatif Mendidik dan Bermain Bersama Anak. Yogyakarta: Pinus.
Nurfauziah, D. (2015). “Permainan Peran Sebagai Pengembangan Keterampilan Motorik Pada Anak (Studi Lapangan di TK An-Nur, Krapyak, Triharjo, Sleman, Yogyakarta)”. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Grafindo Litera Media.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tanggal 17 September 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Poerwodiminto. (1976). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pusat Pembinaan Bahasa. Depdikbud. Jakarta.
Pratisti, D, W. (2008). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks.
Rahyubi , H. (2012). Teori-teori belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.
Sudrajat, A. & dkk. (2008). Diinul Al Islam Pendidikan Ilam di Perguruan Tinggi. Yogyakarta UNY Press
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta
Suharsono & Retnoningsih A. (2005). Kamus Besar Bahasa Inggris. Edisi LUX, Semarang: CV Widyakarya
Sujiono, B. (2008). Metode Pengembangan Fisik, Jakarta :Universitas Terbuka
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Kemampuan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Suyadi & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakrya
Tugimin, H. & dkk. Kerajinan Tangan dan Keseian untuk SD/MI kelas II. Aneka Ilmu.
Yuhyi, F. M. (2007). 60 Permainan Kecerdasan Kinestetik. Yogyakarta, Gramedia Widiaswara.
Yusuf, S. L. N. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mukhtamar Latif Dkk. (2013). Orientsi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Groub.