1671
Views
1390
Downloads
Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak
Main Article Content
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak diusianya anak usia dini masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dengan bawaan sifat peserta didik yang masih egosentris dan dalam melakukan tindakan masih dalam tuntutan orang dewasa dan pendidik. Dewasa ini anak pada usai 4-5 tahun dalam merumuskan gagsan berfikir secara logis dan berfikir memecahkan masalah masih dalam taraf ingin tahu lebih mengenai kegiatan pembelajaran. Adanya strategi proses pembelajaran pendekatan saintifik menjadi angin segar dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Meskipun dalam proses yang masih banyak ditemukan beberapa teknik pengajaran pendidik yang masih menumpang dalam kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi implementasi pendekatan saintifik dalam megembangkan kognitif anak dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung adanya penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.Jenis penelitian ini mengguakan penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitan TK Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Sedangkan validitas data yang diperoleh melalui Triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendektan sanitifk dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK nurul Ummah sudah berjalan dengan baik, ditunjukkan dengan proses pembelajaran yang sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran, pesera didik yang aktif bertanya, pengaadaaan mediaa yang kreatif dan hasil karya yang terselesaikan dengan baik oleh peserta didik. Faktor pengambat dan pendukung yaitu faktor pendukung; kepala sekolah yang antusias baikanya dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas sekolahan , Pendidik yang berkompeten dalam menyampaikan proses pembelajaran pendektan saintifik, Peserta didik yang aktif bertanya, Sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambat; Bahan media yang sulit deedapatkan, waktu pembelajaran yang kurang efektif.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Beaty, J, J. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Kemendikbud nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD.
Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda karya.
Qowwim, M. (2010). Metode Pengembangan Moral dan Agama. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga.
Santrock, W. J. (2011). Masa Pekembangan Anak. Jakarta: Salemba.
Sujiono, Y, B. 2010. Bermain Kreatif Bebasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks
Sulistyawati, A. (2015). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Sumanto. (2014). Psikologi Perkembangan Fungsi dan Teori. Yogyakarta: CAPS.
Suyadi. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum paud 2013. Bandung:Rosdakarya.
Suyadi. (2016). Pedoman penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Jurusan PGRA Fakultas Ilmu Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia no.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.