7030
Views
10135
Downloads
Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral anak sebelum dilakukan metode bercerita. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode bercerita untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral. (3) Untuk mengetahui bagai mana perkembangan aspek nilai agama dan moral anak setelah dilakukan metode bercerita. Jenis Penelitian ini adalah (PTK) penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data obeservasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: (1) nilai agama dan moral pada anak kelompok B2 RA Riyadhus Shalihin Moyudan sebelum tindakan sebesar 12,50% anak yang memiliki perkembangan nilai agama dan moral kategori tinggi dalam perkembangannya. Dengan menggunakan metode bercerita maka perkembangannya sangat efektif dan meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak. (3) setelah diterapkan menggunakan metode bercerita, terjadi peningkatan nilai agama dan moral anak, pada siklus I sebesar 45,83% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 66,67% (kategori tinggi dan sangat tinggi).
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Aliawaras, A dkk. (2006). Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta Barat: Graha Ilmu.
Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S, & Suhardjono, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asti Inawati (April 2017). “Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini” Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3 No.1 2017.
Bimo. (2013). Mahir Mendongeng: Membangun dan Mendidik Karakter Anak Melalui Cerita. Yogyakarta: Pro U Media.
Borba, M. ED.D. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT Gramedia pustaka Utama.
Ibda, F. (Februari 2012) “Pendidikan Moral Anak Melalui Bidang Study PPKn dan Pendidikan Agama ”. Jurnal. Vol. XII NO. 2, 338-347.
Ismail, F. (1997). Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dan Refleksi Historis. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.
Mardapi, D. (2008). Tehnik Penyusunan Instrumen dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Muchson, A & Samsuri. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Murdiono, M. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral untuk Anak Usia dini”. Jurnal.
Qowim, M. (2010). Metode Pengembangan Moral dan Agama. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Sabiati, A.(Februari 2016 ) “Membangun Nilai Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama Moral di RA Masyitoh Pabelan Kabupaten Semarang” Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak Vol. 2 No.1.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.