1131
Views
1032
Downloads
Efektivitas Permainan Pola Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ananda Tabing Padang
Main Article Content
Abstract
Permainan pola suku kata adalah pembelajaran membaca awal yang diawali dengan menyajikan suku kata kemudian anak diminta mencari gambar sesuai dengan yang mereka inginkan dan dibelakang gambar sudah tercantum pola kata. Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurangnya kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang. Hal ini menunjukkan masih ada anak kesulitan dalam mengenal huruf, membedakan huruf, menghubungkan huruf menjadi kata dan bahkan masih ada anak yang belum bisa menyebutkan huruf dari tulisan namanya sendiri. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quashi eksperimen (eksperimen semu). Seluruh anak Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda merupakan populasi dalam penelitia yang dilkaukan yang berjumlah 42 orang. Kelas B1 sampel kontrol, dan B2 sebagai sampel eksperimen masing-masing berjumlah 12 orang. Purpposive sampling merupkan teknik dari penelitian ini. adapun teknik pengumpulan dataa menggunakan tes perbuatan dan tes lisan. Alat pengumpulan data berupa lembaran pernyataan selanjutnya data diolah dengan uji perbuatan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 76,04 sedangkan kelas kontrol adalah 68,22. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan pola suku kata efektif terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda tahun ajaran 2018/2019.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Amini. Meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif melalui permainan pola suku kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 5 edisi 1 Juni 2016. Hal. 673-683.
Anita, 2015. Perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Al-Syifa. Volume 06 Nomor 2 (Juli-Desember 2015). ISSN 2087-8621.
Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
________. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Delfi Eliza. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-Kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume XIII Nomor 2 November 2013. Hal. 93-106.
Lilis, Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nenny Mahyuddin, Yarmis Syukur, dan Abna Hidayati. Efektivitas Penggunaan Video Camera dalam Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini (usia 4-6 Tahun) di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 10 Nomor 1 April 2016. Hal. 45-60. https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.
Rakimahwati, Rivda Yetti, dan Syahrul Ismet. Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Uisa Dini di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan: Early Childhood. Volume 2 Nomor 2b November 2018. Hal. 1-11.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Erna Sundari. Pengaruh Metode Permainan Pola Suku Kata dan Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B6 TK Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan. Volume 1 Nomor 1 Agustus 2013.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Yulsofriend. (2013). Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.