1896
Views
4657
Downloads
Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada anak dan di dalam lingkaran. Model pembelajaran sangat menentukan terhadap pencapaian aspek perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran sentra di TK Amani Insani Yogyakarta. Subjek penelitian menggunakan anak usia 5-6 tahun atau kelompok B, kepala sekolah, dan guru kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model dari Miles Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sentra di TK Amal Insani sudah diterapkan dengan baik. Terdapat sentra persiapan, sentra bahan a;am dan cair, sentra imtaq, sentra main peran, sentra balok, seni-kreativitas dan sentra musik-olah tubuh. Faktor pendukungnya terdiri atas, kompetensi kepala sekolah, peran kepala sekolah dan kelengkapan APE (Alat Permainan Edukatif). Selanjutnya faktor yang menghambat adalah lemahnya guru yang kreatif dan lemahnya karakter guru.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Asmawati;, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.
________. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dahlia, S. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2007). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers and Circle Time (BCCT)” (Pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non formal.
Dewi, F. Y., Rini, R., & Sofia, A. (2017). Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14096/10248
Dkk., M. L. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Latif, M. A. (2019). Model Pembelajaran Area pada Pendidikan Inklusif Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/136
Lestarini, Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran BCCT untuk Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B TK Bumi Gora BPKBM NTB. Pendidikan Dasar, 3(2).
Martuti, A. (2009). Mendirikan dan Mengelola PAUD Manajemen Administrasi Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2).
Sani, R. A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muthmainnah, Umi Ma'rifah A, Amalia. (2015). Metode Pembelajaran Bcct Dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Anak Usia Dini, 2(2), 117-124. http://dx.doi.org/10.21107/jpgpaud.v2i2.2676
Fardana, Nur Ainy & Ar-Raisul Karama Arifin. (2014). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3 (3), 2014, 188-198.
Yulia, Laura Neswita. (2013). Pengenalan Membaca Bagi Anak Usia Dini dengan Pendekatan Beyond Center Circle Time(BCCT) Ditamankanak-Kanakislam Al-Azhar, Kota Bukittinggi. Jurnal Spektrum PLS, 1(1), 119-130.