1896

Views

4657

Downloads

Original article
Open Access

Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta

Fatmawati
,
Muhammad Abdul Latif
Pages: 25-34
|
Published: Jul 22, 2019

Main Article Content

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada anak dan di dalam lingkaran. Model pembelajaran sangat menentukan terhadap pencapaian aspek perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran sentra di TK Amani Insani Yogyakarta. Subjek penelitian menggunakan anak usia 5-6 tahun atau kelompok B, kepala sekolah, dan guru kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model dari Miles Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sentra di TK Amal Insani sudah diterapkan dengan baik. Terdapat sentra persiapan, sentra bahan a;am dan cair, sentra imtaq, sentra main peran, sentra balok, seni-kreativitas dan sentra musik-olah tubuh. Faktor pendukungnya terdiri atas, kompetensi kepala sekolah, peran kepala sekolah dan kelengkapan APE (Alat Permainan Edukatif). Selanjutnya faktor yang menghambat adalah lemahnya guru yang kreatif dan lemahnya karakter guru.

Keywords:

Model pembelajaran sentra Anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Fatmawati, & Muhammad Abdul Latif. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 25–34. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-03

References

Asmawati;, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.

________. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dahlia, S. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2007). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers and Circle Time (BCCT)” (Pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non formal.

Dewi, F. Y., Rini, R., & Sofia, A. (2017). Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14096/10248

Dkk., M. L. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Latif, M. A. (2019). Model Pembelajaran Area pada Pendidikan Inklusif Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Yogyakarta. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/136

Lestarini, Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran BCCT untuk Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B TK Bumi Gora BPKBM NTB. Pendidikan Dasar, 3(2).

Martuti, A. (2009). Mendirikan dan Mengelola PAUD Manajemen Administrasi Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2).

Sani, R. A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muthmainnah, Umi Ma'rifah A, Amalia. (2015). Metode Pembelajaran Bcct Dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Anak Usia Dini, 2(2), 117-124. http://dx.doi.org/10.21107/jpgpaud.v2i2.2676

Fardana, Nur Ainy & Ar-Raisul Karama Arifin. (2014). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. JURNAL Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3 (3), 2014, 188-198.

Yulia, Laura Neswita. (2013). Pengenalan Membaca Bagi Anak Usia Dini dengan Pendekatan Beyond Center Circle Time(BCCT) Ditamankanak-Kanakislam Al-Azhar, Kota Bukittinggi. Jurnal Spektrum PLS, 1(1), 119-130.