4754

Views

7614

Downloads

Original article
Open Access

Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta

Sartika
,
Erni Munastiwi
Pages: 35-50
|
Published: Jul 23, 2019

Main Article Content

Abstract

Berkenaan dengan sistem pendidikan di indonesi salah satu penyebab rendahnya kreativitas anak indonesia ialah lingkungan yang kurang menunjang anak untuk mengekspresikan kreativitasnya khususnya lingkungan keluarga dan sekolah. Permasalahan ini muncul dengan banyaknya persoalan menyangkut pengembangan potensi melalui pendidikan. Orang tua maupun lembaga pendidikan lebih banyak melakukan kegiatan yang berorentasi pada pengembangan akademik (kognitif). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif  dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu melalui proses pembelajaran sentra yaitu: sentra imtaq, bahan alam, balok, persiapan, bermain peran, seni dan ekstra. 2) Terdapat 8 peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu:guru sebagai pendidik, motivator, penasehat, teladan, pengajar, pembimbing, pelatih dan pengevaluasi (3) faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu manajemen waktu, kondisi lingkungan, sarana prasarana, rangsangan mental, dorongan internal dalam diri anak dan peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peran keluarga, rasa emosional anak yang berlebihan dan pengawasan guru guru yang terlalu ketat dalam proses pembelajaran.

Keywords:

Peran Guru Kreativitas AUD

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

References

Ardy Wiyani, Novan. (2014). Mengelolah & Mengembangkan Kecerdasan Sosial &Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

______. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Darmaningtiyas. (2005). Pendidikan Rusak-Rusakan. Yogyakarta: PT Lkis Pelangi Aksara.

Elizabet, Hurloco. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Izzan, Ahmad & Saehudin. (2012). Tafsir Pendidikan Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan. Banten: Pustaka Aufa Media.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Latif, Muktar. dkk. (2014). Orentasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ma’mur Asmani, Jamal. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Press.

Martuti. (2010). Mendidirikan & Mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Mulyasa. E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiah, Dian. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada MediabGroup.

Najib, Muhamad, dkk. (2016). Manajemen Strategi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava media.

Racmawati, Yeni & Eus Kurniati. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Rasyid, Ainur. (2017). Hadits-Hadits Tarbawi Teori Dan Praktik Pendidikan Sesuai Hadits Nabi Muhammad S.A.W. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

______. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi & Dahlia (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.