4754
Views
7614
Downloads
Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Berkenaan dengan sistem pendidikan di indonesi salah satu penyebab rendahnya kreativitas anak indonesia ialah lingkungan yang kurang menunjang anak untuk mengekspresikan kreativitasnya khususnya lingkungan keluarga dan sekolah. Permasalahan ini muncul dengan banyaknya persoalan menyangkut pengembangan potensi melalui pendidikan. Orang tua maupun lembaga pendidikan lebih banyak melakukan kegiatan yang berorentasi pada pengembangan akademik (kognitif). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu melalui proses pembelajaran sentra yaitu: sentra imtaq, bahan alam, balok, persiapan, bermain peran, seni dan ekstra. 2) Terdapat 8 peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu:guru sebagai pendidik, motivator, penasehat, teladan, pengajar, pembimbing, pelatih dan pengevaluasi (3) faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu manajemen waktu, kondisi lingkungan, sarana prasarana, rangsangan mental, dorongan internal dalam diri anak dan peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peran keluarga, rasa emosional anak yang berlebihan dan pengawasan guru guru yang terlalu ketat dalam proses pembelajaran.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Ardy Wiyani, Novan. (2014). Mengelolah & Mengembangkan Kecerdasan Sosial &Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
______. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.
Darmaningtiyas. (2005). Pendidikan Rusak-Rusakan. Yogyakarta: PT Lkis Pelangi Aksara.
Elizabet, Hurloco. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Izzan, Ahmad & Saehudin. (2012). Tafsir Pendidikan Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan. Banten: Pustaka Aufa Media.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Latif, Muktar. dkk. (2014). Orentasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ma’mur Asmani, Jamal. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Press.
Martuti. (2010). Mendidirikan & Mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Mulyasa. E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mutiah, Dian. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada MediabGroup.
Najib, Muhamad, dkk. (2016). Manajemen Strategi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava media.
Racmawati, Yeni & Eus Kurniati. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Rasyid, Ainur. (2017). Hadits-Hadits Tarbawi Teori Dan Praktik Pendidikan Sesuai Hadits Nabi Muhammad S.A.W. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
______. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyadi & Dahlia (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.