Universitas Inklusif: Kisah Sukses atau Gagal?

Arif Maftuhin,1* Siti Aminah2

   1 UIN Sunan Kalijaga
   2 UIN Sunan Kalijaga
   * Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.070206

Abstract


This article aims to answer one of the essential questions in the implementation and promotion of inclusive education in Indonesia, particularly inclusive higher education. Referring to the case of the State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, this research seeks to show the success of inclusive education in higher education through a career tracking (tracer study) of alumni with disabilities who graduated between 2011-2018. Data were collected through online surveys and interviews, either face-to-face or distance ones, to answer subjective and objective indicators of alumni success. This study found that students with disabilities were successfully studying at UIN Sunan Kalijaga. Their study time is relatively average (8-10 semesters). The alumni with disabilities have also succeeded in finding decent jobs matching to their diplomas and obtained satisfaction in terms of careers and income.

[Artikel ini bertujuan menjawab salah satu pertanyaan penting dalam implementasi dan promosi pendidikan inklusif di Indonesia, khususnya dalam pendidikan tinggi inklusif. Dengan mengambil kasus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, penelitian ini membuktikan keberhasilan pendidikan inklusif di perguruan tinggi melalui pelacakan karier (tracer study) para alumni difabel yang telah diluluskan UIN Sunan Kalijaga sejak 2008-2018. Data dikumpulkan melalui survei daring dan wawancara, baik secara tatap muka atau jarak jauh, untuk menjawab indikator-indikator subjektif dan objektif keberhasilan dan kegagalan alumni. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat kuliah para difabel telah berhasil menjalani proses kuliah di UIN Sunan Kalijaga dengan baik. Waktu tempuh belajar mereka relatif normal dan beberapa pengecualian dapat menyelesaikan studi dengan cepat (tujuh semester). Para alumni juga berhasil memperoleh pekerjaan yang layak, sesuai ijazah, dan mendapatkan kepuasan dalam hal karier dan penghasilan.]


Keywords


tracer study; alumni with disabilities; inclusive higher education; pelacakan karier alumni; keberhasilan kuliah difabel; kesuksesan pendidikan inklusif; universitas inklusif

Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2015). Tracer Study Alumni Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Walisongo Semarang. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 91–130. https://doi.org/10.21580/economica.2015.6.2.796

Arifin, M., & Muzid, S. (2018). Analisa Tracer Studi Pada Universitas XYZ. Jurnal DISPROTEK, 9(2). https://doi.org/10.34001/jdpt.v9i2.799

Bakhtiar, M. I., & Latif, S. (2017). Tracer Study Alumni: Upaya Pengembangan Prodi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Makassar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 32–40.

BeritaSatu.com. (2019, Mei). Kemsos Siapkan Dana Bantuan Usaha bagi Penyandang Disabilitas. beritasatu.com. https://www.beritasatu.com/faisal-maliki-baskoro/ekonomi/554460/kemsos-siapkan-dana-bantuan-usaha-bagi-penyandang-disabilitas

Maftuhin, A. (2018). Hambatan Inklusi Mahasiswa Difabel Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 331. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2735

Maftuhin, A. (2019). Melawan Mustahil: Kisah Sembilan Difabel Melewati batas Kemungkinan. Magnum Pustaka.

Maftuhin, A. (2020). Visi Inklusi: Catatan dari Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga 2013-2020. PLD Press.

Maftuhin, A., & Asiyah, L. (2020). Disability Studies di UIN Sunan Kalijaga: Kebijakan, Riset, dan Publikasi. Samudra Biru.

Maftuhin, A., Ro’fah, Muqowim, Zulaikha, S. R., Saadah, N., Hak, N., Arifin, A. Z., Setyo, B., Haq, M. I., Kusuma, B. M. A., Daulay, H., Andayani, Marwiyah, Sekaringsih, R. B., Puspitasari, N., Hanjarwati, A., Khuluq, L., Prastowo, A., Zain, L., & Aminah, S. (2020). Mengajar Difabel di Kampus Inklusif: Pengalaman UIN Sunan Kalijaga. PLD Press.

Media, K. C. (2020, September 5). Teten Masduki Janji Beri Modal Difabel untuk Berwirausaha Halaman all. KOMPAS.com. https://money.kompas.com/read/2020/09/05/161157626/teten-masduki-janji-beri-modal-difabel-untuk-berwirausaha

Nazili, M., & Nurmadiansyah, M. T. (2009). Tracer Study Alumni Fakultas Dakwah. Jurnal Dakwah, 10(1), 85–105.

PLD. (2019, Januari). Softskill Training untuk Difabel. http://pld.uin-suka.ac.id/2019/01/softskill-training-untuk-difabel.html

Pratiwi, A., Lintangsari, A. P., Rizky, U. F., & Rahajeng, U. W. (2018). Disabilitas dan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tinggi. Universitas Brawijaya Press.

Sahlan, M. (2012). Profil Pilihan Karir Alumni Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Dakwah, 13(2), 255–274. https://doi.org/10.14421/jd.2012.13207

Saiful, M., Sudianto, A., & Hidayati, N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Tracer Study untuk Mengetahui Tingkat Kontribusi Perguruan Tinggi dengan Kompetensi Lulusan ( Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi ). Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.29408/jit.v2i1.942

Santoso, E., & Muharsono, M. (2018). Evaluasi Kompetensi Dan Relevansi Lulusan Pada Dunia Kerja Dengan Tracer Study di Universitas Tulungagung. Jurnal BENEFIT, 5(1), 78-86–86.

Schomburg, H. (2003). Handbook for Tracer Studies. Centre for Research on Higher Education and Work, University of Kassel.

Seltzer, B., & Pandya, D. N. (1994). Parietal, temporal, and occipita projections to cortex of the superior temporal sulcus in the rhesus monkey: A retrograde tracer study. Journal of Comparative Neurology, 343(3), 445–463. https://doi.org/10.1002/cne.903430308

Skeldon, P., Thompson, G. E., Garcia-Vergara, S. J., Iglesias-Rubianes, L., & Blanco-Pinzon, C. E. (2006). A Tracer Study of Porous Anodic Alumina. Electrochemical and Solid-State Letters, 9(11), B47–B51. https://doi.org/10.1149/1.2335938

Tim Relawan PLD. (2019). Menemani Difabel: Coretan Pena Relawan PLD. Mahaka.

UN-ESCAP. (2016). Disability at a Glance 2015 Strengthening Employment Prospects for Persons with Disabilities in Asia and the Pacific. United Nations Publication.

Wahyuddin, W. (2016). Peningkatan Mutu dan Relevansi Perguruan Tinggi Melalui Tracer Study. Competitiveness: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 91–100.

Wahyudi, R., & Lutfi, A. A. (2018). Aplikasi Tracer Study Berbasis Website Responsive Pada Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Majalah Ilmiah INTI (Informasi Dan Teknologi Ilmiah), 13(2), 125–132.

Yani, D. E., Pertiwi, P. R., Fadila, I., Puspitasari, K. A., & Huda, N. (2012). Tracer Study Pada Program Studi S1 Agribisnis FMIPA-Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 13(2), 94–105.




Copyright (c) 2020 Arif Maftuhin, Siti Aminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.