Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat

Authors

  • Laily Navi'atul Farah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-08

Keywords:

Religious-conservative, Religious-Rational, Pragmatic-Instrumental, progressivism, essentialism

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menelaah tentang tiga aliran filsafat pendidikan Islam dan aliran-aliran utama dari filsafat pendidikan barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang membutuhkan pustaka acuan (library research) dengan informasi asal yang digunakan berupa buku, jurnal, serta sumber-sumber terkait. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu berupa metode dokumentasi dengan cara menyajikan data dan menyimpulkannya. Hasil dari penelitian adalah bahwa terdapat tiga aliran dari filsafat pendidikan Islam. Aliran-aliran tersebut ialah aliran .religius-konservatif yang diwakilkan Imam Ghazali, aliran religius-rasional yang diwakilkan kelompok Ikhawanus Shafa, dan aliran pragmatis-instrumental diwakili oleh Ibnu Khaldun. Adapun dalam aliran filsafat pendidikan barat terdapat empat aliran utama yaitu progresivisme, esensialisme, perenialisme, dan rekonstuksionisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, Chedar. Filsafat Bahasa Dan Pendidikan. II. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. 7. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

As Said, Muhammad. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2011.

Gharawiyan, Mohsen. Pengantar Memahami Buku Daras Filsafat Islam: Penjelasan Untuk Mendekati Analisis Teori Filsafat Islam. sadra press, 2012.

Hidayat, Nur. “Komparasi Filsafat Pendiidkan Barat Dan Pendidikan Islam.” Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman 7, no. Vol. 7 No. 01 (2021): Pendidikan Agama Islam (2021).

Kurniawan, Fajar. “Pengembangan Teori Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Jawwad Ridla (Religius Konservatif, Religius Rasional, Pragmatis Instrumental).” At-Ta’lim 18 (2019): 223–42. doi:http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1823.

Lisnawati. “Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun Dan Hubungannya Dalam Konteks Pendidikan Modern.” Al-Muta’aliyah 1, no. Vol. 2 No. 1 (2017): Pendidikan dan Sosial (2017).

Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga, 2020.

Mubin, Muhammad Nurul, Bintang Muhammad Nur Ikhasan, and Khamim Zarkasi Putro. “Pendekatan Kognitif Sosial Perspektif Albert Bandura Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Edureligia 5, no. 1 (2021): 91–103. ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia.

Mughni, Muhammad Syafiq dan M. Yunus Abu Bakar. “Studi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Serta Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam.” Dirasah: Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan 5, no. Vol 5 No 1 (2022): DIRASAH (2022). doi:https://doi.org/10.29062/dirasah.v5i1.456.

Mustajab, Mustajab. “Tokoh Dan Pemikiran Filsafat Islam Versus Barat.” Pustaka Radja, 2021.

Noorsyam, Muhammad. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP, 1978.

Nurhayati, Ifa. “Telaah Konseptual Pendidikan Barat Dan Islam.” TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 8, no. 1 (2019): 118. doi:10.36815/tarbiya.v8i1.352.

Nurjannah, Rianie. “Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan Dalam Konsep Teori Pendidikan Islam Dan Barat).” Jurnal: Management of Education 1, no. 2 (2015): 105–17.

Sahed, Nur, Eko Sumadi dan Suheri Sahputra Rangkuti. “Pendekatan Rasional-Religius Dalam Pendidikan Islam (Kajian Terhadap Falsafah Dasar Iqra’).” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 02, no. Vol 2 No 01 (2018): Jurnal Tarbawiyah (2018). doi:https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v15i01.1138.

Sari, Milya. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 41–53.

Sulaiman, Fathiyah Hasan. Al-Mazhab at-Tarbawi Indal Ghazali. Kairo: Maktabatu Nahdloh, 1964.

Syihabuddin, Muhammad Arif. “Studi Komparatif FIlsafat Pendidikan Islam Dan Barat.” JAILIE: Juornal of Applied Linguistics and ISlamic Education 1, no. 1 (2017): 989–1011. https://doi.org/10.1016/j.addr.2018.07.012%0Ahttp://www.capsulae.com/media/Microencapsulation - Capsulae.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jaerosci.2019.05.001.

Zuhairini, dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Laily Navi’atul Farah. (2022). Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat . HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 115–128. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-08

Issue

Section

Articles