Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, ISSN Print: 2477-4189Online2477-4715 merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan setiap bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Jurnal ini berfokus pada isu-isu terkini Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Kami mengundang para peneliti, cendekiawan dan ahli dalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) untuk menerbitkan penelitiannya pada jurnal kami.

Sejarah Jurnal

Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak ini didirikan pada Juni 2015, dengan media cetak dan online menggunakan Open Journal System versi 2.8. Pada saat didirikan menggunakan hosting mandiri dengan alamat http://al-athfal.org/index.php/athfal (sekarang expired) 

Pada tahun 2016, sesuai dengan kebijakan institusi Jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, migrasi server dari server mandiri ke server kampus dengan alamat URL: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal 

Pada 2017, Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak menjadi anggota CrossRef dan memiliki nomor DOI yang unik dan diindeks dalam DOAJ, Sinta 4, Garuda, Moraref, Google Cendekia, Academia, Dimensions, dan Index Copernicus.

Pada 2019, Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak diakreditasi peringkat Sinta 3 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 28 / E / KPT / 2019, tertanggal 26 September 2019.

Untuk meningkatkan kemutakhiran metadata dan kemudahan dalam menyesuaikan tata letak bagi penulis dan layout editor, serta sesuai dengan arahan dan masukan dari asesor akreditasi Jurnal Nasional,  Tim Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak melakukan perubahan pada template artikel. Perubahannya meliputi ukuran kertas yang semula B5 berubah menjadi ukuran A4 serta pembenahan pada penggunaan kolom, font dan penambahan informasi metadata artikel sehingga lebih nyaman dibaca dan informatif. Template artikel ini digunakan mulai Volume 6 Nomor 1 Tahun 2020 dan seterusnya.