Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini

  • Asti Inawati
Keywords: Moral, Nilai Agama, Karakter, PAUD

Abstract

 

                                                         Abstract
            Islam has taught positive values ​​that are useful in the life of society. But the current condition is very alarming, where the signs of the destruction of a nation formulated by educational leaders already seen in the Indonesian nation. This led to the need for the development of moral-related learning and religious values. This study discusses the moral, character, and how the strategy of developing the values ​​of Religion and morals in accordance with the teachings of Islam. The results show that in Islamic teachings has explained how the process of development of religious values ​​and moral values ​​in early childhood can be applied correctly and appropriately. Researchers found 11 strategies that are important for the development of religious and moral values ​​in early childhood. The strategy can be applied by a teacher at an educational institution or done by a parent at home. The strategy becomes important because besumber of the teachings of Rasulullah SAW and some of them are the opinions of Muslim leaders such as Ms. Taimiyah and Ibn Sina.

Kata kunci : Moral, Nilai Agama, Karakter, PAUD

 

Abstrak

Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Tetapi kondisi saat ini sangat memprihatinkan, dimana tanda-tanda kehancuran suatu bangsa yang dirumuskan oleh tokoh pendidikan sudah terlihat pada bangsa Indonesia. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait moral dan  nilai-nilai agama. Penelitian ini membahas mengenai moral, karakter, dan bagaimana strategi pengembangan nilai-nilai Agama dan moral sesuai dengan ajaran Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ajaran Islam telah dijelaskan bagaimana proses pengembangan nili-nilai agama dan moral pada anak usia dini dapat diterapkan dengan benar dan tepat. Peneliti menemukan 11 strategi yang penting bagi pengembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini. Srategi tersebut dapat diterapkan oleh seorang guru di lembaga pendidikan maupun dilakukan oleh orangtua di rumah. Strategi tersebut menjadi penting karena besumber dari ajaran Rasulullah SAW dan beberapa diantaranya adalah pendapat para tokoh muslim seperti Ibu Taimiyah dan Ibnu Sina.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi

Abdurrahman Jamal, Pendidikan Anak Metode Nabi, terj. Agus Suwandi, Solo:Aqwam,2013.
As-Sabatin, Najah, Dasar-dasar Mendidik Anak usia 1-10 Tahun, terj. Yahya Abdurrahman, Bogor: Al Azhar Freshzone, 2014.
Hamka, Abdul Aziz. “Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati”, Jakarta: Pustaka Amani, 2011.
Hidayat, Otib Satibi, Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2015.
Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Karim, Abdul, Islam Nusantara, Yogyakarta: Gama Media, 2013.
Kurniasih, Imas, Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad SAW, Yogyakarta:Pustaka Marwa, 2010.
M. Fadlillah, dkk, Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan, Jakarta: Kencana Pranadamedia Group, 2014.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, cet.ke IV, Yogyakarta:Putaka Pelajar, 2011.
Mursi, Syaikh Muhammad Said, Seni Mendidik Anak, terj. Gazira Abdi Ummah, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006.
Rachman, Fauzi, Islamic Parenting, Jakarta: Erlangga, 2011.
Rajih, Hamdan, Cerdas Akal Cerdas Hati, Yogyakarta: Diva Press, 2008.
Wiyani, Novan Ardy, Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa, Yogyakarta:Teras, 2012.


Internet :
https://sofwan07.wordpress.com/2013/12/06/10-tanda-akan-hancurnya-suatu-bangsa/ diakses 10 Mei 2017

http://www.nu.or.id/post/read/68797/kiai-said-cinta-tanah-air-penjaga-bangsa-dari-perpecahan, diakses tanggal 11 Mei 2017.
Published
2017-08-01
How to Cite
Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51-64. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1422
Section
Articles