Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X IPA dengan Strategi Jigsaw di MA Ibnul Qoyyim Putra

  • Muh. Mafruri Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga
  • Fery Irianto Setyo Wobowo Pranata Laboratorium Pendidikan Ahli Muda
Keywords: Moral Creed, Jigsaw, Student Activeness

Abstract

The low level of activeness of class X science students in the study of moral code in MA Ibnul Qoyyim Putra, because the learning activities carried out by the teacher has not been fully student-centered, ie do not apply various strategies in learning or monotonous so that students are less active in learning, therefore, it is necessary to improve the learning of the Morals by using learning strategies that make students active and enthusiastic in learning by implementing the Jigsaw strategy on the Morals so that student activity can be improved for the better. This research is a Classroom Action Research, aimed to find out how the application of the Jigsaw strategy in increasing the activeness of Class X science students in the subjects of Islamic Morals. This research method uses the Jigsaw strategy in the study of the Morals to increase the activeness of students in class X science. The subjects of this study were the 23rd-grade students of MA Natural Science Ibnul Qoyyim Putra in the academic year 2017/2018. Data collection techniques in this study used observation, questionnaires, interviews, and documentation. Then the validity of the data is tested by using triangulation. The results obtained were that the Pre Cycle Percentage was 31.98%, then the Cycle I Percentage was 49.98% and the Cycle II percentage was 78.17%, so the conclusion of this study was based on data obtained that the application of the Jigsaw strategy could increase student activity.

Abstrak

Rendahnya keaktifan siswa kelas X IPA dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Ibnul Qoyyim Putra, dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum sepenuhnya berpusat pada siswa, yakni tidak menerapkan berbagai strategi dalam pembelajaran atau monoton sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran tersebut, oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dan antusias didalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan strategi Jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak sehingga keaktifan siswa  dapat meningkat menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Jigsaw dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas X IPA pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode penelitian ini menggunakan strategi Jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk meingkatkan keaktifan siswa di kelas X IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA Ibnul Qoyyim Putra tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 23 siswa. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Kemudian diuji keabsahan datanya dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa prosentase Pra Siklus 31,98%, kemudian Prosentase Siklus I 49,98% dan prosentase Siklus II 78,17%, sehingga kesimpulan penelitian ini berdasarkan data yang didapatkan bahwa penerapan strategi Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Kata kunci: Akidah Akhlak, Jigsaw, Keaktifan Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, Miftahul, 2011, Cooperatif Lerarning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mujib, Abdul dan Mudzakir Yusuf, 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Kencana Preda Media, Jakarta.

Ratna, Kutha Nyoman, 2010, Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Social Humaniora Pada Umumnya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sabarguna S. Boy, 2006, Aplikasi Data Pada Penelitian Kualitatif, UI Press, Jakarta.

Saebani, Ahmad Ben, Nurjaman Kadar, 2013, Manajemen Penelitian, Pustaka Setia, Bandung.

Silberman, L Melvin, 2007, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Pustakan Insan Madani, Yogyakarta.

Soehadha, Moh, 2012, Metode Peneltiitian Sosial Kualitatif untuk studi Agama, UIN SUKA Press,Yogyakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Manajemen Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, dan penelitian Evaluasi, Alfabeta, Bandung.

Sukmadinata, Syaodih Nana, 2009, Metode Peneletian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tanzeh, Ahmad, 2011, Metodologi Penelitian Praktis, Teras, Yogyakarta.

Tohirin, 2012, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Rajawali Pers, Jakarta.

Uno, Hamzah B, 2011, Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik, Bumi Aksara, Jakarta.

Published
2020-01-07
Section
Articles