Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi Pendekatan Humanistik)

  • Aam Amalia PBA UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Maslow's need theory, Humanistic approach, Arabic language

Abstract

This research aims to describe the humanistic approach in Arabic learning. The method used in this research is library research which data comes from various sources, both from libraries and various websites that exist on the internet. The source is books, encyclopedias, dictionaries, journals, documents, magazines, and others. The results of this study attempt to illustrate that a humanistic approach is an approach that helps learners to enjoy learning on the subject matter in developing the potential of students themselves in a better direction. The humanistic approach can be used in Arabic language education, Humanistic approach emphasizes guidance education, develops and directs student's basic potential in terms of cognitive, affective, and psychomotor.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan paradigma pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research yang data-datanya berasal dari berbagai sumber,baik dari perpustakaan maupun berbagai website yang ada di internet meliputi buku,ensiklopedi, kamus, jurnal, dokumen, majalah, dan lain-lain. Hasil penelitian ini berusaha menggambarkan pendekatan humanistik merupakan sebuah pendekatan yang membantu peserta didik untuk senang belajar pada suatu objek atau materi pelajaran dalam mengembangkan potensi diri peserta didik ke arah yang lebih baik. Dengan demikian pendekatanhumanistik dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pendekatan humanistik menekankan pada pendidikan membimbing, mengembangkan dan mengarahkan potensi dasar peserta didik baik dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor.

Kata kunci: Teori Kebutuhan Maslow, Pendekatan Humanistik, Bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamid, Abdul, dkk, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Yogyakarta: UIN Malang Press, 2008.

Abidin, Zainal, Filsafat Manusia: Memahami Manusia Melalui Filsafat. (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.)

Alauddin, “Prinsip dan Implikasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran, (Jurnal Pendidikan IQRA) 3 (1), 2015.

Arbayah, Model Pembelajaran Humanistik. (Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan), 2013.

Chaplin, Kamus Lengkap Psikologi (Jakarta: Grafindo Persada).

Goble, Frank, Mazhab Ketiga, Psikologi Humanistik Abraham Maslow, Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Habibah, Nur, Lingkungan Artifisial dalam Pembelajaran bahasa Arab , Jurnal Arabiyat. Vol3 No. 2 Desember 2016.

http://en.wikipedia.org/wiki/Abraham_Maslow, (30 Maret 2019).

http://repository.umy.ac.id/ (1 April 2019).

http://wacanaislam.blogspot.com/2008/03/pengajaran-bahasa-arab-humanis.html (30 Maret 2019)

http://webspace.ship.edu/cgboer/maslow.html,( 30 Maret 2019).

http://www.businessballs.com/maslow.htm, ( 30 Maret 2019).

https://dosenpsikologi.com/teori-kebutuhan-maslow, ( 1 April 2019).

Maslow, Abraham, Motivasi dan Kepribadian, alih bahasa: Nurul Iman, Bandung: Rosyda Karya, 1993.

Mulkhan, Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Munif Chatib, Kelasnya Manusia, Memaksimalkan Fungsi Otak Belajar dengan Manajemen Display Kelas , Bandung: PT Mizan Pustaka, 2013.

R.E. Slavin, Education Psychology Theory into Practice ( New Jersey: Prentice-Hall Engle Wood Cliff, tt.)

Riyanton, Muhammad, Pendidikan Humanisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. (Jurnal Lingua Idea), 6 (1), 2015.

Robbins, Stephen P, Perilaku Organisasi, terj. Drs. Benyamin Molan (Jakarta: PT. Indeks)

Rofikoh, Pengaruh Pembelajaran Humanistik Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester I Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW), 2014.

T.S. Roberts, Four Psychologies Applied to Education, New York: Jhon Niley and Sons, 1975.

Winardi, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen , Bandung: Rajawali Pers, 2008.

Yasin, Muhammad, Teori Humanistik dalam Pembelajaran: (Jurnal An-Nur), 1 (01), 2017.

Zaenuddin, Radliyah, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Cirebon: Pustaka Rihlah Group, 2005.

Published
2020-01-12
Section
Articles