Pengembangan Alat Permainan Arabic Edugame Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII A MTs Negeri 10 Sleman

  • Muhammad Iqbal Alfani PBA UIN Sunan Kalijaga
  • Nurul Huda UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Alat Permainan Arabic Edugame

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media permainan Arabic Edugame dapat menstimulus peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di MTs Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian R&D (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kefektifan produk tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media permainan Arabic Edugame dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di MTs Negeri 10 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data yang diperoleh dari rata-rata pada uji coba kelompok terbatas untuk pre-test yaitu 49,00 dan post-test 76,00. Selanjutnya uji coba kelompok luas rata-rata pre test adalah 41,00 dan post test 78,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media alat permainan Arabic Edugame dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di Mts Negeri 10 Sleman. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar, “Media Pembelajaran”, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014).

Khalilullah, M., Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2013).

Mardliyyah, Aisyam, “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas V MI Ma’arif Bego Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018.

Nasution, Sahkholid, 2012, “Metode Konvensional Dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal ilmiah DIDAKTIKA Februari , Vol. 12, No. 2 (2012).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1.

Peserta Didik kelas VII A (Nama tidak diperbolehkan untuk disebutkan oleh para peserta didik) MTs Negeri 10 Sleman, Wawancara Peserta Didik, Sleman, 11 Oktober 2018.

Qamariyah, Nurul, “Permainan Scrabble Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.

Rahmawati, Anita, “Pembelajaran dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI Tamrinul Ulum Jetis Semarang”. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011.

Sagala, Rumadhani & Devi yunanda Agustin, 2016, “Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Aktivitas Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII Di MTs Nurul Falah Bukit Kemuning”, Jurnal Al-Bayan, Vol. 8, No. 2 (2016).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2015).

Sukanti, “Evaluasi Proses Pembelajaran Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar”, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 5, No. 2 (2006).

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Pedagogia, 2012).

Wardana, Mahrus Ali, “Peningkatan Kualitas Hafalan Kosakata Bahasa Arab dengan Media Permainan Teka Teki Silang (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X di MA Ali Maksum) Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.

Published
2020-01-30
Section
Articles