1285

Views

3866

Downloads

Original article
Open Access

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Tebak Nama

Sumiyati Sumiyati
,
Supriyati Supriyati
,
Subawi Subawi
Pages: 131-140
|
Published: Apr 1, 2019

Main Article Content

Abstract

Rendahnya kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Bina Bhakti Sari Purwosari disebabkan karena pembelajaran yang menggunakan buku paket. Ada sebagian anak di TK Bina Bhakti Sari Purwosari yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi lisan. Untuk itu kemampuan berbahasa anak masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan tebak nama di KelompokB TK Bina Bhakti Sari Purwosari Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Bina Bhakti Sari Purwosari. Metode yang digunakan adalah observasi, alat pengumpulan data adalah lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan tindakan, kegiatan permainan tebak nama dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Bina Bhakti Sari Purwosari. Sebelum tindakan rata–rata diperoleh 20% anak yang menyelesaikan kegiatan dengan baik kemudian pada siklus I menjadi 53% dan pada siklus II meningkat menjadi 87% anak yang menyelesaikan kegiatan dengan baik.

Keywords:

Kemampuan berbahasa Anak Permainan tebak nama

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Sumiyati, S., Supriyati, S., & Subawi, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Tebak Nama. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-06

References

Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Bungin Burhan. (2017). Penelitian Kualitatif Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Rineka Cipta.
Harlock Elizabeth B. . (1997). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Ke Enam. Jakarta: Erlangga.
Hilaludin Hanafi. Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anuk Melalui Permainan Papan Putar Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Madiun: IKIP PGRI Madiun. 2015.
Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Cerdas Melalui Bermain Bersama. Jakarta: Grasindo.
Nana Sudjana dan Awal Kusuma MS, Proposal Penelitian Perguruan Tinggi, Bandung: Sinar Baru Algensindo 2014.
Nanik. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Teladan PPI Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Sragen : UMS. 2016.
Rahmawati. Peningkatan Kemampuan berbahasa anak melalui permainan kartu pesan berantai di PAUD Melati Kota Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi .Padang: UNP. 2015.
S. Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Santrok Jhon. W. (2007). Perkembangan Anak Jilid II, Jakarta: Erlangga, 2007.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Balai Pustaka.
Sumiyati. (2011). Mengasah Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini. Yogjakarta: Indie Book Corner.
Sumiyati. (2011). PAUD Inklusi PAUD Masa Depan. Yogyakarta. Cakrawala Institute.
Sumiyati. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogjakarta: Indie Book Corner.
Suyanto Slamet. (2005). Dasar – dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.