Implementasi Model Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMP N 01 Kesesi
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sholat sunah pada siswa kelas IX C semester genap SMP I Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2014 – 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IX C SMP I Kesesi Kabupaten Pekalongan. hasil dari penelitian adalah bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX C semester genap SMP 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2014-2015.
Keywords:
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Arikunto, Suharjono, dan Sapardi, 2006, Penelitian Tindakan Kela, Jakarta Bina Aksara
Depdiknas, 2004, KTSP Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta,Dirjen PMPTK
Depdiknas, Pemendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta
Dhestha Hazilla Aliputri, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A, hal. 70-77.
Djumiati, 2010, Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Kependidikan Dasar, Vol. 1 No. 2.
Endang Mulyatiningsih, (2011), Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Erlaine B Johnson, 2009, Pembelajaran Kontekstual, Jakarta,Gramedia
I..L. Pasaribu, 1983, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Tarsito
Mariani, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu, JINoP Jurnal Inovasi Pembelajaran, Volume 3, Nomor 2, 599-608.
Miftahul Huda, (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. 2005, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi, Bandung, Remaja Rosde Karya
Rusman, 2012, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers,)
Suharsimi Arikunto, 1996, Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta
Sukirin, 1981, Pokok-pokok Psyikologi Pendidikan, Yogyakarta, FIP IKIP
Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka
Siti Suprihatin (2015), Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3 No. 1 (2015) 73-82.
Wina Sanjaya. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
2293
Views
1570
Downloads