Implementasi Model Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMP N 01 Kesesi

Published: on JPAI: Jun 30, 2020
Siti Khofiyah
Pages: 81-100

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Download Full Text Share Copyright

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi  sholat sunah pada siswa kelas IX C semester genap SMP I Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2014 – 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IX C SMP I Kesesi Kabupaten Pekalongan. hasil dari penelitian adalah bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX C semester genap SMP 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2014-2015.

Keywords:

Make A Match Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

References

Arikunto, Suharjono, dan Sapardi, 2006, Penelitian Tindakan Kela, Jakarta Bina Aksara

Depdiknas, 2004, KTSP Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta,Dirjen PMPTK

Depdiknas, Pemendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta

Dhestha Hazilla Aliputri, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A, hal. 70-77.

Djumiati, 2010, Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Kependidikan Dasar, Vol. 1 No. 2.

Endang Mulyatiningsih, (2011), Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Erlaine B Johnson, 2009, Pembelajaran Kontekstual, Jakarta,Gramedia

I..L. Pasaribu, 1983, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Tarsito

Mariani, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Pembagian Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu, JINoP Jurnal Inovasi Pembelajaran, Volume 3, Nomor 2, 599-608.

Miftahul Huda, (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. 2005, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi, Bandung, Remaja Rosde Karya

Rusman, 2012, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers,)

Suharsimi Arikunto, 1996, Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta

Sukirin, 1981, Pokok-pokok Psyikologi Pendidikan, Yogyakarta, FIP IKIP

Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Siti Suprihatin (2015), Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3 No. 1 (2015) 73-82.

Wina Sanjaya. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

2293

Views

1570

Downloads

Open Access
Related Article: