PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI MEDIA
DOI:
https://doi.org/10.14421/jd.2012.13102Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemampuan literasi media dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini juga ditujukan untuk mengungkap perbedaan prestasi akademik mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin. Sampel penelitian diambil secara purposive. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Dakwah. Terdiri dari pria dan wanita angkatan 2008 sampai 2010. Ada sekitar 90 mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini, yang terdiri dari 33 pria dan 57 wanita. Hasil dari analisis korelasi dari Pearson menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan singnifikan antara kemampuan literasi media dengan prestasi akademik mahasiswa. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kemampuan literasi media dan prestasi akademik mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin.Downloads
How to Cite
Basri, A. S. H. (2012). PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI MEDIA. Jurnal Dakwah, 13(1), 15–38. https://doi.org/10.14421/jd.2012.13102
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).