SMS TAUHIID SEBAGAI LAYANAN PESAN AGAMA
DOI:
https://doi.org/10.14421/jd.2015.16108Keywords:
SMS Tauhiid, Pesan Dakwah, Remediasi, KeberagamaanAbstract
SMS Tauhiid merupakan layanan pesan dakwah yang dapatdiakses melalui SMS dan dapat diakses secara gratis yang merupakan salah satu terobosan dakwah berkenaan dengan perkembangan media. Sebagaimana media lainnya, SMS memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan utama yang dimiliki oleh SMS adalah keterbatasan jumlah karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang apresiasi para jamaah (pelanggan) terhadap layanan SMS Tauhiid. Untuk mencapai tujuan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode studi kasus sehingga tidak bertujuan untuk melakukan generalisasi atas kasus lain yang mungkin memiliki keserupaan di tempat lain. Penelitian ini memperlihatkan bahwa sebagai media dakwah, SMS Tauhiid diapresiasi secara positif oleh pelanggan sebagai jamaah dan memiliki nilai guna bagi pengalaman keberagamaan merekasehari-hari.
Downloads
Published
2017-01-30
How to Cite
Fakhruroji, M. (2017). SMS TAUHIID SEBAGAI LAYANAN PESAN AGAMA. Jurnal Dakwah, 16(1), 139–166. https://doi.org/10.14421/jd.2015.16108
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).