Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Autis
Main Article Content
Abstract
[Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hambatan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak autis di SLB Autis Mitra Ananda Colomadu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah dua guru kelas dan empat siswa autis kelas VII di SLB Autis Mitra Ananda. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SLB Autis Mitra Ananda Colomadu menggunakan metode ABA dan Program Pembelajaran Individual (PPI) yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Kurikulum 2013 tidak dapat diterapkan sepenuhnya karena materi pelajaran Bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kondisi anak dan media pembelajaran yang terbatas. Berbagai upaya dilakukan guru untuk mengatasi hambatan terebut: misalnya menggunakan PPI, membuat media pembelajaran mandiri dan mempelajari berbagai metode terbaru yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak autis.]
Downloads
Article Details
* Author(s) are the copyrigth holder(s) of their published articles and to retain publishing rights without restrictions.
References
Agustina, R., Wardani, N. E., & Andhayani. (2013). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1, 140–154.
Alamsyah, T., Taib, R., N, A., & Idham, M. (2016). Pemilihan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pertama Anak dalam Keluarga Masyarakat Aceh Penutur Bahasa Aceh di Nanggroe Aceh Darussalam. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 1(2), 31–44.
Astutik, I. P. (2010). Penerapan Metode ABA (Applied Behavior Analysis) dengan Media Kartu Bergambar Dan Benda Tiruan Secara Simultan Untuk Meningkatkan Pengenalan Angka Pada Siswa Kelas II di SDLB Autis Harmony Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 (other). Universitas Sebelas Maret. Diambil dari https://eprints.uns.ac.id/6456/
Baio, J., Wiggins, L., Christensen, D. L., Maenner, M. J., Daniels, J., Warren, Z., … Dowling, N. F. (2018). Prevalence of Autism Spectrum Disorder Among Children Aged 8 Years - Autism and Developmental Disabilities Monitoring Network, 11 Sites, United States, 2014. Morbidity and Mortality Weekly Report. Surveillance Summaries (Washington, D.C.: 2002), 67(6), 1–23. https://doi.org/10.15585/mmwr.ss6706a1
Ballerina, T. (2016). Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf. INKLUSI, 3(2), 245–266. https://doi.org/10.14421/ijds.030205
Bintari, N. L. G. R. P., I Nyoman Sudiana, M. P., & Ida Bagus Putrayasa, M. P. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1), 1–10.
Danuatmaja, B. (2004). Terapi Anak Autis di Rumah. Puspa Swara.
Des Maninda Chornelya, D. (2014). Identifikasi Kemampuan Berbahasa Anak Autis di Sekolah Inklusif SD Negeri Giwangan, Yogyakarta (other). PGSD. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/14372/
Gardenia, M., Tursina, T., & Sastypratiwi, H. (2015). Sistem Pakar Deteksi Autisme Pada Anak Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 4(1), 33–38.
Hakim, H. A. R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Autis Jenjang Pendidikan SMP di SLB Bina Anggita Yogyakarta (masters). UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Diambil dari http://digilib.uin-suka.ac.id/27525/
Hanapy, L. W. (2015). Penggunaan Metode Lovaas / Applied Behavior Analysis (ABA) Dalam Penatalaksanaan Perilaku Anak Autis Kelas Dasar di SLB Penyelenggara Pendidikan Autis di Yogyakarta (other). FIP. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/25208/
Herdiansyah, H. (2015). Wawancara, observasi, dan focus groups : Sebagai instrumen penggalian data kualitatif. Rajawali Pers.
Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB Sabiluna Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3). https://doi.org/10.24036/jupe7660.64
Jain, A., Spencer, D., Yang, W., Kelly, J. P., Newschaffer, C. J., Johnson, J., … Dennen, T. (2014). Injuries among children with autism spectrum disorder. Academic Pediatrics, 14(4), 390–397. https://doi.org/10.1016/j.acap.2014.03.012
Khoirunnisyak, K., Akhyar, M., & Gunarhadi, G. (2017). The Development of Sexual Education Learning Model For Autistic SMP Level Based On Socio-Sexual Behavior Method In SLB Autis Surakarta, Indonesia. European Journal of Special Education Research, 0(0). Diambil dari https://www.oapub.org/edu/index.php/ejse/article/view/542
Kusumawardhani, P. C. N. R. (2015). Budaya Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunarungu-Wicara Di Sekolah Luar Biasa Negeri Surakarta (Studi Kasus di Kelas X-B SLB Negeri Surakarta) (s1). Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/33250/10/BAB%205.pdf
Lestari, F. (2015). Metode Guru BK Dalam Mengatasi Problem Penyesuaian Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus. INKLUSI, 2(2), 273–298. https://doi.org/10.14421/ijds.2206
Lestyarini, B. (2012). Penumbuhan Semangat Kebangsaan Untuk Memperkuat Karakter Indonesia Melalui Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1250
Martiyani, M., & Budi, S. (2017). Pelaksanaan Terapi Snoezelen Pada Anak Autis Di Ypac Nasional Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisme Mitra Ananda Colomadu (skripsi). IAIN Surakarta. Diambil dari http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1401/
Mazurek, M. O., Lu, F., Symecko, H., Butter, E., Bing, N. M., Hundley, R. J., … Handen, B. L. (2017). A Prospective Study of the Concordance of DSM-IV and DSM-5 Diagnostic Criteria for Autism Spectrum Disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 47(9), 2783–2794. https://doi.org/10.1007/s10803-017-3200-7
Misna, A. (2015). Formulasi kebijakan Alokasi Dana Desa di Desa Kandolo kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur. Diambil 24 Januari 2019, dari http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1468
Muflihah, M. (2014). Pentingnya Peran Bahasa dalam Pendidikan Usia Dini (PAUD). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(2), 333–347. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4642
Muhartomo, H. (2004). Faktor - Faktor Risiko Yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Autisme ( The Risk Factors of Autism ) (masters). Program Pendidikan Pasca sarjana Universitas Diponegoro. Diambil dari http://eprints.undip.ac.id/12341/
Neumeyer, A. M., Anixt, J., Chan, J., Perrin, J. M., Murray, D., Coury, D. L., … Parker, R. A. (2018). Identifying Associations Among Co-Occurring Medical Conditions in Children With Autism Spectrum Disorders. Academic Pediatrics. https://doi.org/10.1016/j.acap.2018.06.014
Nida, F. L. K. (2013). Komunikasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, 163–189. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v1i2.431
Nur Mukarromah, 090013905M. (2003). Hubungan Antara Vaksinasi dengan Kejadian Autisme Pada Anak Balita di Kota Surabaya (thesis). UNIVERSITAS AIRLANGGA. Diambil dari http://lib.unair.ac.id
Nurdiansyah, Y. (2014). Case-Based Reasoning Untuk Pendukung Diagnosa Gangguan Pada Anak Autis, 6.
Pirzadroozbahani, N., Ahmadi, S. A. Y., Hekmat, H., Roozbahani, G. A., & Shahsavar, F. (2018). Review: Autism and KIR genes of the human genome: A brief meta-analysis. Egyptian Journal of Medical Human Genetics, 19(3), 159–164.
Prakosha, D., Salim, A., & Sunardi, S. (2018). The Implementation of Phonic Method in Teaching Vocabulary in Speaking to Visually Impaired Students in SLB A (Visual Impairment). Journal of ICSAR, 2(1), 57–61. https://doi.org/10.17977/um005v2i12018p057
Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD Dan Alternatif Pemecahannya [Text]. https://doi.org/info:doi/10.21154/cendekia.v10i1.406
Saad, K., Abdel-Rahman, A. A., Elserogy, Y. M., Al-Atram, A. A., El-Houfey, A. A., Othman, H. A.-K., … Abdel-Salam, A. M. (2018). Randomized controlled trial of vitamin D supplementation in children with autism spectrum disorder. Journal of Child Psychology and Psychiatry, and Allied Disciplines, 59(1), 20–29. https://doi.org/10.1111/jcpp.12652
Sharma, S. R., Gonda, X., & Tarazi, F. I. (2018). Autism Spectrum Disorder: Classification, diagnosis and therapy. Pharmacology & Therapeutics, 190, 91–104. https://doi.org/10.1016/j.pharmthera.2018.05.007
Siswandi, H. J. (2006). Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Metode Diskusi Panel dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas). Diambil dari http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No07-V-Desember2006.pdf#page=31.
Strang, J. F., Meagher, H., Kenworthy, L., de Vries, A. L. C., Menvielle, E., Leibowitz, S., … Anthony, L. G. (2018). Initial Clinical Guidelines for Co-Occurring Autism Spectrum Disorder and Gender Dysphoria or Incongruence in Adolescents. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology: The Official Journal for the Society of Clinical Child and Adolescent Psychology, American Psychological Association, Division 53, 47(1), 105–115. https://doi.org/10.1080/15374416.2016.1228462
Sugiarmin, M. (2010). Kontrovesi Hubungan Autisme dan Imunisasi Measles- Mumps-Rubella (MMR), 8.
Suharno. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1). Diambil dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/humanity/article/view/2467
Suryadinata, N., & Farida, N. (2016). Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Inklusi Kota Metro (Studi Kasus Pada Siswa Tunagrahita Ringan). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.470
Suteja, J. (2014). Bentuk dan Metode Terapi Terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1). Diambil dari http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/325
Tara Tantinia, N. (2015). Pengaruh Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Berbicara Bagi Anak Autis Kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta (other). FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/22160/
Wulansari, N. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas XI Agama di Sekolah Inklusif MAN Maguwoharjo Depok Sleman (other). Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/27643/
Yahya, A., Kurniawan, A., & Samawi, A. (2015). Pengaruh Terapi Sensori Integrasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Berjalan Di Atas Garis Siswa Autis. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 1(4), 325–329.
Yuwono, J. (2013). Memahami Anak Autis (Kajian Teori dan Empirik). Bandung: Alfabeta.