Kurikulum Modifikasi dalam Praktik Pendidikan Inklusif di SD Al-Firdaus

Main Article Content

Holifurrahman Holifurrahman

Abstract

Most of the schools selected as providers of inclusive education are generally not yet prepared. This study aims to provide an overview of modified curriculum management implemented with cluster and pull-out learning models for students with disabilities at SD Al-Firdaus Surakarta. They were awarded the best inclusive school at the national level in 2012. Qualitative research is used to produce a comprehensive description of managerial steps, starting from planning, organizing, implementing, and evaluating the modified curriculum with the cluster learning model and pulling out students with disabilities. Based on data obtained from interviews, observations, and documents, this study concluded that an inclusive school requires modification in many ways and adapting to the needs of individual students with disabilities.

[Kebanyakan sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara pendidikan inklusif umumnya belum memiliki kesiapan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran manajemen kurikulum modifikasi yang diimplementasikan dengan model pembelajaran klaster dan pull-out bagi siswa difabel di SD Al-Firdaus Surakarta yang pernah mendapatkan penghargaan sekolah inklusif terbaik tingkat nasional pada tahun 2012. Penelitian kualitatif digunakan untuk menghasilkan paparan yang komprehensif mengenai langkah-langkah manajerial, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum modifikasi dengan model pembelajaran klaster dan pull-out bagi peserta didik difabel. Berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumen, penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk menjadi sekolah inklusif diperlukan modifikasi dalam berbagai aspek kurikulum dan menyesuaikan kebutuhan peserta didik.]

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract Viewed = 1000 times
PDF downloaded = 660 times


Article Details

How to Cite
Holifurrahman, H. (2020). Kurikulum Modifikasi dalam Praktik Pendidikan Inklusif di SD Al-Firdaus. INKLUSI Journal of Disability Studies, 7(2), 271–292. https://doi.org/10.14421/ijds.070205
Section
Articles

References

Anjarsari, A. D., Efendy, M., & Sulthoni. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1, 91. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p91-104

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2008). Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Kependidikan dalam Pendidikan Inklusif. Depdiknas.

Haryanto. (2010). Diktat Bahan Kuliah: Pengantar Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, FIP-Universitas Negeri Yogyakarta.

Huda, N. (2020, Juni 5). Fungsi Pengorganisasian dalam Manajemen.

Idi, A. (2014). Pengembangan Kurikukulum: Teori dan Praktik (Ed. 1, cet. 1). Rajagrafindo Persada.

Ifdlali. (2010). Pendidikan Inklusi, Pendidikan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus [Sekolah]. SMANJ. http://smanj.sch.id/index.ph p/arsip-tulisan-bebas/40-artikel/115-pendidikan-inklusi-pendidikan-terhadap-anak- berkebutuhan-khusus

Infodatin. (2014). Penyandang Disabilitas. Pusdatin Kementerian Keshatan RI.

Kompas. (2009, November 4). Pendidikan Inklusi Masih Banyak Kendala [Berita]. KOMPAS.com. https://edukasi.kompas.com/read/2009/11/04/0856498/pendidikan.inklusi.masih.banyak.kendala

Malikah, N. (2018). Modifikasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menghapal Hadist di Madrasah Ibtidaiyah. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02), 13–27. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559253

Pastika, I. W. L., Santanu, G., & Marheni, K. E. (2017). Penerapan Konsep Pengorganisasian dan Pengarahan pada PT Bayus Cargo Badung, Bali. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(3), 197–205.

Rosliana, L., & Hizriyani, R. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Sekolah PAUD. MOTIVA: Jurnal Psikologi, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.31293/mv.v2i1.4313

Rusyani, E. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Maternal Reflektif dalam Bahasa Indonesia di SLB. B (Anak Tunarungu) [Masters, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/1046/

Sukadari. (2019). Model Pendidikan Inklusi dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (1 ed.). Kanwa Publisher.

Sunanto, J. (2016). Indeks Inklusi dalam Pembelajaran di Kelas yang Terdapat ABK di Sekolah Dasar. JASSI ANAKKU, 8(2), 78–84.

Sunardi, S., & Sunaryo, S. (2011). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya). JASSI ANAKKU, 10(2), 184–200.

Sunaryo. (2009). Manajemen Pendidikan Inklusif. Fakultas Pendidikan Luar Biasa UPI. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195607221985031-SUNARYO/Makalah_Inklusi.pdf

Supardjo. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Negeri III Giriwono Wonogiri [S2, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/42660/

Tarmansyah. (2007). Inklusi: Pendidikan untuk Semua. Depdiknas.

Wartomo, W. (2016). Pelaksanaan Model Pendidikan Inklusif di Sekolah Wilayah D.I Yogyakarta. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 197–220. https://doi.org/10.14421/mjsi.11.1340

Wibowo, H. S. (2015). Metode Evaluasi Pembelajaran Inklusif bagi Peserta Didik Difabel Netra. INKLUSI Journal of Disability Studies, 2(1), 87–108. https://doi.org/10.14421/ijds.020105