Strategi Coping Mahasiswa Difabel dalam Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
The Covid-19 pandemic has forced the government to implement various new policies to prevent the spread of the virus, including online learning policies in the education sector. The application of online learning requires an adaptation period for all parties involved, especially students with disabilities. The pandemic affects the psychological condition of students with disabilities. This study seeks to explain the coping strategies used by students with disabilities in the final semester at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta in completing their thesis. This research is qualitative descriptive research by taking the research subject of two students with disabilities. Data were collected using in-depth online interviews. The results showed that the strategy used to overcome the problem was problem-focused and emotion-focused coping strategies.
[Pandemi Covid-19 membuat pemerintah menerapkan berbagai kebijakan baru untuk mencegah penyebaran virus, termasuk kebijakan pembelajaran daring dalam bidang pendidikan. Penerapan pembelajaran daring membutuhkan periode adaptasi bagi semua pihak yang terlibat, terutama mahasiswa difabel. Pandemi mempengaruhi kondisi psikologis mahasiswa dengan disabilitas. Penelitian ini berupaya menjelaskan strategi coping yang digunakan oleh mahasiswa difabel semester akhir di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam menyelesaikan skripsi mereka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil subjek penelitian dua orang mahasiswa difabel. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan adalah dengan menggunakan strategi problem-focused coping dan emotion-focused coping.]
Downloads
Article Details
* Author(s) are the copyrigth holder(s) of their published articles and to retain publishing rights without restrictions.
References
Afrianty, D., Thohari, S., Firmanda, T. H., Rahajeng, U. W., Lintangsari, A. P., Mahali, Wikandana, I. M., Wardhani, P., Rohman, W. N., & Rasyidi, A. H. (2020). Panduan Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa dengan Disabilitas Netra. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Apriyanto, Agung, R. P., & Sari, F. (2013). Hidrosefalus Pada Anak. JAMBI MEDICAL JOURNAL “Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan,” 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22437/jmj.v1i1.2690
Dela, V. L. (2019). Strategi Coping Stress pada Mahasiswa Bimbingan Konseling yang Menyusun Skripsi di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 90–94. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.90-94
Feldman, R. S., Gayatri, P. G., & Sofyan, P. N. (2012). Pengantar Psikologi: Understanding Psychology buku 1. Salemba Humanika.
Folkman, S., Lazarus, R. S., Gruen, R. J., & DeLongis, A. (1986). Appraisal, Coping, Health Status, and Psychological Symptoms. Journal of Personality and Social Psychology, 50(3), 571–579. https://doi.org/10.1037//0022-3514.50.3.571
Harahap, R. M., & Lelo, L. (2020). Pengalaman Mahasiswa Tuli di Ruang Komunal Universitas Mercu Buana. INKLUSI Journal of Disability Studies, 7(2), 167–206. https://doi.org/10.14421/ijds.070201
Ismiati, I. (2015). Problematika dan Coping Stres Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 21(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/albayan.v21i32.420
Kementerian Agama. (2019, Februari 28). Jadi Kampus Inklusif, Ini Prestasi Mahasiswa Difabel UIN Sunan Kalijaga [Pemerintah]. Kementerian Agama Republik Indonesia. https://kemenag.go.id/read/jadi-kampus-inklusif-ini-prestasi-mahasiswa-difabel-uin-sunan-kalijaga-eamx9
Maftuhin, A. (2016). Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, dan Penyandang Disabilitas. INKLUSI Journal of Disability Studies, 3(2), 139–162. https://doi.org/10.14421/ijds.030201
Maftuhin, A., & Aminah, S. (2020). Universitas Inklusif: Kisah Sukses atau Gagal? INKLUSI Journal of Disability Studies, 7(2), 293–320. https://doi.org/10.14421/ijds.070206
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 445–452.
Mariyanti, S. (2013). Model Strategi Coping Penyelesaian Studi Sebagai Efek dari Stressor serta Implikasinya terhadap Waktu Penyelesaian Studi Mahasiswa Psikologi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 11(02), Article 02. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1462
Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101–107. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.12
Muthohharoh, I. (2019). Delima Antara Pekerjaan dan Student’ Laerning: Strategi Coping Mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. WELFARE: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/welfare.2019.082-05
Nursofwa, R. F., Sukur, M. H., Kurniadi, B. K., & Haris. (2020). Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan. INICIO LEGIS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/il.v1i1.8822
Rasmun. (2004). Stres, Koping dan Adapsi: Teori Pohon Masalah Keperawatan (Cet. 1). Sagung Seto.
Reefani, N. K. (2013). Panduan Anak Berkubutuhan Khusus. Imperium. Imperium Publishing.
Saihu, M., & Abdushomad, M. A. (2021). Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Penulisan Skripsi. Alim | Journal of Islamic Education, 3(1), 63–74.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. John Wiley & Sons.
Smet, B. (1994). Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Soleh, A. (2016). Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Perguruan Tinggi. LKis.
Suparman, E. (2012). Toksoplasmosis dalam Kehamilan. Jurnal Biomedik, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35790/jbm.4.1.2012.744
Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE: Journal of Sport Science and Education, 5(2), 124–138. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p124-138
Yulianto, M. J. (2014). Konsepsi Disabilitas dan Pendidikan Inklusif. INKLUSI Journal of Disability Studies, 1(1), 19–38. https://doi.org/10.14421/ijds.010102