METODE GURU BK DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Main Article Content

Fitri Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan metode yang dilakukan guru BK dalam mengatasi problem penyesuaian diri pada sisiwa tunarungu SD LB di SLB Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif (studi kasus). Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru BK, dan siswa tunarungu, sedangkan objek penelitiannya adalah problem penyesuaian diri pada siswa tunarungu SD LB dab metode guru BK dalam mengatasinya di SLB Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problem penyesuainan diri pada siswa tunarungu meliputi kurang percaya diri, kurang mandiri, cenderung kaku, dan egoisentris. Metode yang digunakan oleh guru BK dalam mengatasi problem penyesuaian diri tersebut yaitu dengan metode bimbingan khusus. Metode bimbingan khusus dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu metode kelompok (metode ceramah, metode demonstrasi/praktik, metode drill, dan karyawisata) dan metode individu (metode tanya jawab dan metode penugasan).

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract Viewed = 3039 times
PDF downloaded = 14687 times


Article Details

How to Cite
Lestari, F. (2015). METODE GURU BK DALAM MENGATASI PROBLEM PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. INKLUSI, 2(2), 273–298. https://doi.org/10.14421/ijds.2206
Section
Articles

References

Ainur Rahim Faqih, Bimbingan dan Konseling Islam, Yogyakarta: UII Press, 2004.

A.As’ad Djalali, Teknik­Teknik Bimbingan dan Penyuluhan, Surabaya: Bina Ilmu, 1986.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Koentjoroningrat, Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1991.

Mufti Salim, Soemangsa Soemarsono, Pendidikan Anak Tunarungu, Jakarta: tnp. 1983/1984.

Musthafa Fahmi, Penyesuaian Diri “Pengertian Dan Peranannya DalaM Kesehatan Mental”, Bandung: Bulan Bintang, 1982.

Permanarian Somad dan Yati Hernawati, Ortopedagogik Anak Tunarungu, Depdikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek PendidikanTenaga Guru, 1995.

Sastrawinata, Pendidikan Anak Tunarungu, Jakarta: Depdikbud, 1979.

Soelaiman Joesoef, Slamet Santoso, Pengantar Pendidikan Sosial, Surabaya: Usaha Nasional, 1984

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.