Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Sederajat
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-02Keywords:
PAI, Pandemic, pembelajaran, OnlineAbstract
Penelitian ini mengkaji seperti apa bagainana konsep pembelajaran PAI di masa pandemi covid-19 di sekolah menengah sederajat. penelitian ini menggunakan metode penelitian kulaitatif dalam gaya eksplorasi kepustakaan kontekstual dimana mengkorelasikan berbagai literature. Pengumpulan data mengumpulkan buku, jurnal yang relevan , validasi data yang dipercaya bisa diambil serta disimpulkan menjadi semua temuan baru tentang konsep bagaimana pembelajaran daring pendidikan agama islam di masa pandemi covid-19 di sekolah menengah sederajat. Beberapa metode pembelajaran yang dapat dilakukan pada kondisi pandemi ini diantaranya diskusi dan penugasan berbasis online, project based learning, blended learning. Adapun beberapa aplikasi meanstream yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring di antaranya whatsapp, google classroom, zoom, edmodo, dan sebagainya. Kerja sama orang tua dan guru merupakan persyaratan mutlak untuk pembelajaran Daring. Oleh karena itu, sinergitas keseluruh staekholder, sekolah dan orang tua harus komperhensif.
Downloads
References
Adnan, Mohammad. “Urgensi Penerapan Metode Paikem Bagi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 3, no. 1 (2018). doi:10.37348/cendekia.v3i1.42.
Arifin, Samsul. Pendidikan Agama Islam. Deepublish, 2018.
Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (2020): 281–88.
Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 123–40. doi:10.37542/iq.v3i01.57.
Fauziyah, Nureza. “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam.” Al-Mau’Izhoh 2, no. 2 (2020): 1–11.
Lilik Nur Kholidah dkk. “Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri.” “Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri,” 2019.
Lubis, Masruroh, and Dairina Yusri. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan Di Tengah Wabah Covid-19).” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 1–18.
Mansyur, Abd Rahim. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia” 1, no. 2 (2020): 113–23.
Ratnawati. “Memahami Perkembangan Jiwa Keagamaan Pada Anak Dan Remaja.” Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 19–32. journal.staincurup.ac.id/index.php/JF/article/download/58/9.
Sulaiman. METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI). Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Syaharuddin, Syaharuddin. “Menimbang Peran Teknologi Dan Guru Dalam Pembelajaran Di Era COVID-19.” Menimbang Peran Teknologi Dan Guru Dalam Pembelajaran Di Era COVID-19, 2020.
Wahab, Wahab. “Pelaksanaan Pendidikan Agama Pada SMA Swasta.” Analisa 17, no. 1 (2010): 145. doi:10.18784/analisa.v17i1.120.
Yuliani, Meda, Janner Simarmata, Siti Saodah Susanti, Eni Mahawati, Rano Indradi Sudra, Heri Dwiyanto, Edi Irawan, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Muttaqin Muttaqin, and Ika Yuniwati. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.