Metodologi David Hume (Empirisme) dalam Pemikiran Pendidikan Islam

Authors

  • Nurazila Sari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sangkot Sirait Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-06

Keywords:

David Hume, Empirisme, Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metodologi David Hume (empirisme) dalam pemikiran pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data ini dengan cara analisis deskriptif, content analisys atau analisis isi, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang dihasilkan dari penarikan kesimpulan melalui metode yang bersifat literatur dengan jenis penelitian pustaka (library research) yaitu teori David Hume dalam pemikiran pendidikan Islam, ada pembenaran teori dengan kejadian yang telah terjadi berkaitan dengan mukjizat. Tetapi, juga ada pembantahan dari semua teori David Hume tersebut dengan melandaskannya pada Al-Qur’an. Tidak ada yang salah dari teori pemikiran David Hume, tetapi tidak semua bisa kita jadikan sebagai landasan. Salah satunya kritik Hume yang difokuskan pada agama, ini lebih banyak pemikiran Hume yang bertolak belakang dengan pendidikan Islam. Karena sesungguhnya dalam pendidikan Islam  itu berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adian, Donny Gahral, and Dr. Akhyar Yusuf Lubis. Pengantar Filsafat Ilmu Pengetahuan David Hume Sampai Thomas Kuhn. Penerbit Koekoesan, 2011.

Borchert, Donald M. “Encyclopedia of Philosophy.” New York: Thomson Gale, 2006.

Byers, Paula K. “Encyclopedia of World Biography.” Detroit: Gale Research, 1998.

Hadirman, F. Budi. Filsafat Modern. Jakarta: Gramedia, 2004.

Kenny, Anthony. An Illustrated Brief History of Western Philosophy. Victoria, Australia: Blackwell Publishing, 2006.

Lasiyo, and Yueono. Pemikiran Filsafat : Pada Masa Pra Socrates, Sesudah Socrates. Yogyakarta: Liberty, 1986.

Mahmud, H, and Tedi Priatna. Pemikiran Pendidikan Islam. Vol. 6. Bandung: Sahifa, 2005.

Mestika, Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Bogor Indonesia, 2004.

Moore, Brooke Noel, and Kenneth Bruder. Philosophy : The Power of Ideas. C.4. London: Mayfield Publishing Company, 1999.

Pojman, Louis P. Philosophy : The Pursuit of Wisdom. Kanada: Wadsworth Thomson Learning, 2001.

Qomar, Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Edited by Sayed Mahdi and Setya Bhawono. Erlangga, 2005.

Sudarmita, J. Epistemplogi Dasar : Pengantar Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Tafsir, A, Ahmad Supardi, Hasan Bari, H Mahmud, Opik Taufik Kurahman, H. Pupuh Fathurrahman, Supriatna, Tedi Priatna, Uus Ruswandi, and Yaya Suryana. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam. International Journal of Physiology. Vol. 6. Bandung: Mimbar Pustaka: Media Transformasi Pengetahuan, 2004.

Utama, Ferdian. “Teori Empirisme Thomas Hobbes Dan Relevansinya Dalam Pendidika Islam.” Pontificia Universidad Catolica Del Peru 8, no. 33 (2014): 44.

Downloads

Published

2021-05-03

How to Cite

Sari, N., & Sangkot Sirait. (2021). Metodologi David Hume (Empirisme) dalam Pemikiran Pendidikan Islam. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-06

Issue

Section

Articles