Desain Pembelajaran Pendidikan Islam Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-10Keywords:
Desain Pembelajaran, Pendidikan, PJOKAbstract
Pendidik merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan. Pendidik dituntut untuk profesional dalam menjalankan perannya sebagai pengajar, keterampilan merancang pembelajaran adalah salah satu kemampuan pembentuk kompetensi pedagogis seorang pendidik. Kegiatan merancang dan mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik merujuk kepada desain pembelajaran yang mengandung pengertian membuat pola atau rancangan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain pembelajaran pada mata pelajaran PJOK di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, desain pembelajaran pada mata pelajaran PJOK di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin sudah berjalan dengan baik, model yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan metode demonstrasi, ceramah, dan praktik. Pendekatan yang dilakukan bersifat indvidu dan kelompok. Evaluasi yang dilakukan guru juga sudah dengan baik dilakukan yakni penilaian yang dilakukan pada aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif peserta didik.
Downloads
References
Gofur, Abdul. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, Dan Aplikasinya Dalam Perencanaan, Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.
Lestari, Rajefi Ambar. “Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MI Miftahul Huda Kangkung Mranggen Demak.” UIN Walisongo, 2016.
Mashud. “Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Era Abad 21.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 14, no. 2 (2017).
Munawaroh, Luluk. “Kriteria Pendidik Profetik: Kajian Al-Qur’an Surah Yāsīn Ayat 21 Dan Al-A’rāf Ayat 68.” UIN Walisongo, 2017.
Mustafa, Pinton Setya, and Wasis Djoko Dwiyogo. “Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Indonesia Abad 21.” JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan 3, no. 2 (2020): 422–38.
Putrawangsa, Susilahudin. Desain Pembelajaran: Design Research Sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram: CV. Reka Karya Amerta, 2018.
Reigeluth, Charles M., Brian J. Beatty, and Rodney D. Myers. Instructional-Design Theories and Models: The Learner-Centered Paradigm of Education. Instructional-Design Theories and Models: The Learner-Centered Paradigm of Education. Vol. 4. Taylor and Francis, 2016. https://doi.org/10.4324/9781315795478.
Seel, Norbert M., Thomas Lehmann, Patrick Blumschein, and Oleg A. Podolskiy. Instructional Design for Learning: Theoretical Foundations. Instructional Design for Learning: Theoretical Foundations, 2017. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-941-6.
Sujarwo. “Desain Sistem Pembelajaran.” Universitas Negeri Yogyakarta, no. 2008 (2008): 1–18. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132304795/penelitian/Desain+Pembelajaran-pekerti.pdf.
Suryadi, Rudi Ahmad. Desain Dan Perencanaan Pembelajaran. Deepublish, 2019.
Wahyu Lestari, Mas Roro Diah, and Suwardi. “Desain Pembelajaran” Curi Point” Pada Mata Kuliah Pengembangan Pengajaran Matematika Pendidikan Anak Usia Dini Semester 4 Prodi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Al Azhar Indonesia.” Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 1, no. 4 (2014): 217–29.
Yaumi, Muhammad. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana, 2017.
Kemdikbud, Pustekkom, and Tangerang Selatan-banten. “PROBLEM-BASED LEARNING , AN INSTRUCTIONAL STRATEGY IN PREPARING STUDENT ’ S AUTONOMY,” 2012, 353–63.
Nusantata, Toto. “Desain Pembelajaran 4.0.” Lombok, NTB, 2018. https://doi.org/10.31227/osf.io/2x5ra.
Priyanti, Andrie Eka, I Wayan Wiarta, and I Ketut Ardana. “Pendekatan Saintifik Berbasis Problem Based Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus P . B . Sudirman Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016.” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 4, no. 1 (2016): 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.